22 March 2019

Upaya Pembangunan Kesehatan Rakyat harus Bersifat Lintas Kementerian, kata dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati

KONFRONTASI- Pakar kesehatan Lily Sriwahyuni Sulistyowati menekankan, esensi dari upaya perbaikan sistem kesehatan masyarakat harus ditopang oleh dua hal yang bersifat fundamental.


Pertama, dibutuhkan kepemimpinan nasional yang memiliki komitmen yang kuat terhadap kesehatan rakyat.

Kedua, upaya pembangunan kesehatan rakyat harus bersifat lintas kementerian dan holistik. Karena itu dalam konteks ini peran lembaga seperti Bappenas sangat diperlukan, antara lain berperan koordinatif.


Demikian disampaikan Lily dalam diskusi "Memerdekakan Sektor Kesehatan Untuk Rakyat Jelata" di Sriwijaya Center, Jalan Sriwijaya 1 No. 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/3).
 

Lily yang pernah lama bertugas sebagai pejabat tinggi di Kementerian Kesehatan mencontohkan, misalnya kalau berbicara soal air bersih untuk kesehatan masyarakat, maka hal ini terkait dengan Kementerian Pekerjaan Umum, atau mengenai jaminan kesehatan atau Posyandu maka korelasinya adalah dengan Kementerian Tenaga Kerja atau Kementerian Sosial.

"Jadi harus ada lembaga yang mengkoordinasikan yang bersifat lintas kementerian, Bappenas dapat menjalankan fungsi tersebut," kata dokter ahli spesialis paru dan pakar kesehatan masyarakat ini. 

Gambar mungkin berisi: teks

 

 

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...