11 December 2019

Undangan Diskusi Buku: Kepulauan Nusantara. Kisah Perjalanan,Kajian Manusia dan Alam

Selasa, 3 Desember 2019, jam 11.30. Sd selesai, Hotel Gren Alia, Cikini Raya.

Warisan Sejarah Ilmu Pengetahuan dan Masa Depan Bangsa (Inspirasi Satu Setengah Abad Buku The Malay Archipelago dan Satu Dekade Buku Kepulauan Nusantara)

Buku The Malay Archipelago( terbit pertama tahun 1869 di Inggris) adalah salah satu bukti Indonesia pernah menjadi tempat lahirnya dua penemuan ilmiah terpenting abad ke-19, teori evolusi dan biogeografi. Tidak seterkenal Charles Darwin penemu teori seleksi Alam bersandar  evolusi( On The Origin Of Species, 1859),Tetapi sebaliknya, nama penulisnya Alfred Russel Wallace bukan saja diabaikan dunia saat membicarakan teori evolusi, terlebih menyedihkan juga hampir tidak dikenal di bumi Indonesia, tempat teori itu ditemukan.

Penerbitan ke bahasa Indonesia klasik Wallace menjadi buku Kepulauan Nusantara itu pun baru dilakukan satu dekade lalu(  2009)

Selain buku karya Wallace sebagai hasil pengelanaan ilmiahnya selama delapan tahun (1854-1862) dan ditulis dalam bahasa yang populer itu, Indonesia masih mewarisi banyak sejarah ilmu pengetahuan dan upaya pencerahan. Bahkan semangat ini dipatrikan dalam pembukaan UUD 45 oleh para pendiri bangsa dalam kalimat "mencerdaskan kehidupan bangsa".

Sebentar lagi Indonesia akan menginjak usia 75 tahun, apakah kita sudah cukup belajar dan menimba inspirasi dari sejarah ilmu pengetahuan besar yang pernah terjadi di bumi indonesia serta menjadi bangsa yang menghargai ilmu pengetahuan?

Buku ini sangat meyakinkan kita dapat menginspirasi  semua( terutama kalangan milenial), disamping mendapatkan  informasi isi buku yang sangat penting ttg kekayaan nusantara, tapi juga lebih penting lagi bagi kita untuk  mendorong, menghidupkan dan menggelorakan kembali pergaulan  intelektual- yang saat ini mulai meredup. Mungkin saja diskusi buku ini dapat memulainya.

Untuk menggali dan mengurai buku ini lebih jauh lagi, kita akan mengundang Nara sumber:

1. Yudi Latif, Phd
2. Prof.Dr.SangkotMarzuki,,Phd
3. Prof. Jatna Supriatna,Phd
4. JJ Rizal

Salam,Bursah Zarnubi
Ketua Umum Perkumpulan Gerakan Kebangsaan

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...