16 December 2019

Soal Pemberantasan Korupsi, Jokowi Kalah Tegas Dibanding SBY

KONFRONTASI - Presiden Jokowi dinilai kalah tegas dengan pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dalam hal pemberantasan korupsi. Anggota ICW, Agus Sunaryanto mengingatkan SBY selalu meminta pejabatnya mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi.

"Seharusnya Jokowi menetapkan standar tinggi. Masa' kalah dari SBY yang menetapkan standar tinggi terhadap jajaran di bawahnya," kata Agus.
Karena itu, Agus pun mempertanyakan komitmen Jokowi memberantas korupsi. Dia menyatakan, penundaan pencalonan Budi menunjukkan komitmen penegakan hukum dan pemberantasan korupsi yang setengah-setengah.

Keputusan ini, Agus menambahkan, juga hanya menunda polemik pencalonan Budi Gunawan sebagai kapolri. Status tersangka Budi dalam kasus dugaan gratifikasi memang tidak lantas menunjukkan bintang jenderal tiga itu bersalah. Namun, Agus menyatakan, KPK selalu mampu membuktikan tuduhannya di pengadilan.

"Bahwa peluang bebas memang masih ada. tapi, potensi untuk tidak lepasnya juga tinggi melihat tren yang ada," kata dia.[]rol/ian

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...