14 December 2019

Soal Papua, Polri Sebut Benny Wenda Produksi Hoax

KONFRONTASI - Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat sekaligus pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM), Benny Wenda adalah orang yang memproduksi informasi sesat alias hoax soal Papua yang disebarkan ke negara-negara luar khususnya kawasan Pasifik dan Afrika.

Demikian disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (4/9).

"Untuk saudara BW ini boleh dikatakan dia sebagai orang yang memprovokasi melalui konten kontennya baik narasi-narasi foto, video, itu yang dia sebar di beberapa koneksinya mereka yang ada di Eropa. Kemudian di kawasan Asia Pasifik maupun juga ada sebagian di Afrika," jelas Dedi. 

Kesimpulan ini, kata Dedi, sudah dipetakan oleh Polri dari rekam jejak digital ataupun transkrip pembicaraanya untuk menggalang massa sekaligus memanas-manasi negara luar untuk bersikap terhadap Papua. 

"Itu semua sudah dipantau," jelas Dedi. 

Sebelumnya, mantan Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso menyebut Liberation Movement for West Papua (ULMWP), organisasi yang dipimpin Benny Wenda, dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) berada di belakang kerusuhan Papua.

Benny Wenda sendiri merupakan orang lama dalam gelombang pergerakan masyarakat Papua. Dia lahir pada 17 Agustus 1974 di Lembah Baliem, Papua dan tumbuh dengan menghirup udara sejak kecil di Bumi Cenderawasih.[ian/rml]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...