21 February 2020

Samakan Persepsi Ekonomi, Kadin Gelar Dialog Bersama Capres-Cawapres

KONFRONTASI-Melanjutkan tradisi 10 tahun terakhir, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan menggelar dialog bersama dua pasang  calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Dialog bertajuk Memilih Presiden itu akan digelar di Jakarta Teater Jumat, 20 Juni 2014.

 

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi dan Keanggotaan sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut, Anindya Bakrie, mengungkapkan perlunya kesamaan visi dan misi, khususnya di bidang ekonomi antara capres dan dunia usaha dalam hal ini diwakili oleh Kadin. Apalagi menurutnya, sekitar 50-60 persen platform ekonomi kedua pasangan tersebut sejalan.

 

"Jadi daripada fokus perbedaan, kami ingin fokus pada persamaan," ujarnya dalam konferensi pers di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa, 17 Juni 2014.

 

Selain itu, ia juga menilai, perlu adanya komitmen bersama dengan pemerintahan baru siapapun yang terpilih untuk mengembangkan ekonomi Indonesia. Dalam hal ini Kadin lebih fokus pada sektor perdagangan dan perindustrian.

 

"Karena kami lihat peluang ekonomi lebih besar dari tantangan, tapi tantangan itu juga harus dibahas," katanya.

 

Meski demikian seluruh aspek ekonomi yang mendorong terciptanya iklim investasi dan pembangunan ekonomi akan dibahas dalam dialog tersebut. Sehingga diharapkan sinkronasi kebijakan antara pemerintahan baru dan dunia usaha dapat terwujud.

 

Dialog yang dilakukan dengan kedua pasang secara terpisah, akan dibagi dalam lima sesi dengan waktu 1,5 jam masing-masing calon. Topik yang dibahas antara lain mengenai, industri, perdagangan, energi, mineral dan batubara, pangan, pertanian, serta kelautan.

 

Anindya mengatakan, akan ada penandatangan komitmen bersama kedua pasangan di akhir dialog. Dengan demikian, implementasi pembangunan ke depannya dapat lebih terarah dan mengakomodir kepentingan semua pihak.

 

"Kami ingin pemilu yang damai dan akhirnya yang memimpin bekerjasama dengan Kadin dan juga Kadin provinsi, asosiasi dan juga foreign chambers," ucapnya.

 

Dialog yang digelar pada pukul 18.30-22.00 akan disiarkan secara langsung di beberapa stasiun televisi nasional. Sehingga diharapkan bisa menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih calon pemimpinnya.

 

Dialog sesi pertama pada pukul 18.30-20.00 WIB akan dilakukan dengan pangan nomor urut satu, Prabowo Subianto - Hatta Rajasa. Dan sesi selanjutnya, 20.00-22.00 WIB dengan pasangan nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla.(Vns)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...