21 February 2019

Rizal Ramli tentang Sumedang dan Het Paradijs Van Java

KONFRONTASI- Tokoh nasional/Pakar Ekonomi Indonesia, Rizal Ramli memberikan saran positif untuk Sumedang. Dia berharap Sumedang yang pernah mendapat julukkan Het Paradijs Van Java dapat mengembalikan julukan tersebut.

”Kalau Bandung kan disebut Paris Van Java. Tapi aneh hari ini di Sumedang relatif tertinggal dibandingkan kabupaten-kabupaten lain, yang miskin juga banyak. Saya minta penduduk Sumedang coba kembalikan brand,” kata Rizal Ramli usai acara Ngobrol Bareng DR Rizal Ramli di Aula STMIK, Sumedang, kemarin (8/2).

Rizal bahkan sempat memberi gambaran bagaimana perkembangan Kota Banyuwangi. Delapan tahun lalu, sebut dia Kota itu dikenal paling miskin di Jawa Timur. “Jorok kotanya, nggak beraturan. Terpilih bupati baru, kotanya dibersihkan, tidak boleh pasang spanduk. Dihijaukan dan setiap minggu dia izinkan kegiatan lomba masak, lomba buah, lomba sayur, lain-lain. Sehingga akhirnya turis dari seluruh Jawa Timur datang, dari Luar Negeri juga datang,” sebutnya.

Lalu siapa yang mengorganisir itu semua, sebut Rizal, bukan even organizer tapi justru memberdayakan para pejabat di lingkungan pemerintah daerah itu sendiri.

“Sehingga hari ini, kurang dari delapan tahun pendapatan rakyat Bayuwangi paling tinggi se Jawa Timur, selain Malang dan Surabaya,” ujarnya.

Dia berkeinginan Sumedang dapat meniru pola Kota Banyuwangi tersebut. “Kombinasikan dengan tourism karena alamnya sangat bagus, airnya bersih. Ajarin rakyat jangan sembarangan, jorok, tata,” tandasnya.

Apalagi dengan akan adanya Tol Cisumdawu, termasuk rencana pembangunan kembali jalur kereta api dari Bandung ke Sumedang. Rizal berharap pemerintah Sumedang dapat menyiapkan event yang dapat menyedot wisatawan.

“(misalkan) Adakan even setiap minggu, lomba sepeda, lomba berenang di kali ke. Apa aja lombanya, nanti seluruh turis barat datang ke sini. Karena mereka ke Bandung cukup bosan. Bandung macet luar biasa ya kan?! Sabtu-Minggu orang datang ke sana buat kuliner buat liburan. Sumedang jauh lebih menarik udaranya lebih bagus alamnya lebih indah ada bendungan Jatigede. Jadi saya ingin Pemda Sumedang dan rakyat Sumedang sama-sama kita bangun Sumedang surganya Jawa barat,” jelasnya. (fitri)

 
Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...