13 December 2019

Rizal Ramli: Rupiah Menguat dengan Suntikan Bunga Pinjaman Tinggi (8,5%)!

KONFRONTASI- Tokoh nasional Rizal Ramli mengingatkan pemerintah, bahwa Rp (rupiah) menguat dengan suntikan bunga pinjaman yang tinggi di tangan Menkeu Sri Mulyani era Kabinet Jokowi.  Ternyata RI ngutang dengan yield tertinggi (8,5%) di kawasan Asia, padahal Vietnam hanya 5%. Akibatnya,rakyat dan bangsa kita dirugikan trilliunan rupiah. 

''RI ngutang dengan yield tertinggi (8,5%) di kawasan Asia, padahal Vietnam hanya 5%. Akibatnya,rakyat dan bangsa kita dirugikan trilliunan rupiah,''.  demikian peringatan Dr Rizal Ramli (RR), Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur, '' Bankir bankir dan Boldholder asing senang, ya dapat bonus Hadiah Menkeu terbaik deh. Rakyat dan bangsa dirugikan trilliunan ! Ini kejahatan kerah putih.Sebab  Rp (rupiah) menguat dengan suntikan bunga pinjaman yang tinggi !,'' kata  RR.

Menurutnya, mengandalkan stabilitas Rupiah dengan pinjaman yang semakin tinggi yieldnya, baik dalam jangka pendek — tapi berbahaya utk jangka menengah.  ''Sebab itu sama dengan memberi  “bom” untuk pemerintah berikutnya ! Begini kok dibilang pengelolaan “prudent” (hati-hati)? Dimana hati-hatinya. Kalau  tax ratio tinggi baru prudent,''imbuh RR, mantan Menko Kemaritiman.

''Itu kok ada yang ngaku-ngaku  prestasi hebat soal anggaran ? Manipulatif banget sih ? Wong penerimaan naik hanya karena assumsi harga minyak dibuat rendah ($48/barel) di APBN 2018, ternyata $68/barel. Wong tax ratio Indonesia rendah banget, dibawah Laos, Philapina, Malaysia. Gitu kok sesumbar,''imbuh RR di twiternya (13/1/19)..

(ff)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...