18 November 2018

Rizal Ramli Dan Surya Paloh: Berteman ''Oke'', Berselisih ''Yes''

KONFRONTASI- Berteman sangat dekat. Tapi berselisih juga begitu keras. Itulah yang kini dialami dua tokoh bangsa: Rizal Ramli (RR) dan Surya Paloh. Yang pertama, ekonom kawakan, bekas pejabat. Satunya lagi, pengusaha media, Ketum Partai Nasdem.


Menurut Adhie Massardi, RR bukan orang asing bagi Paloh. Mereka saling mengisi. Saling menasihati. Saat mendirikan Partai Nasdem, Paloh mengajak RR ikut gabung. Meski tak gabung, RR berkali-kali memberi masukan ke Nasdem.

Begitulah intimnya RR dan Paloh. Tapi, kini mereka sedang bersitegang. Berselisih.

Bahkan saling melapor ke polisi. Laporannya sama: merasa dicemarkan nama baiknya. RR merasa dicemarkan Paloh. Paloh merasa dicemarkan RR.

Sebetulnya Paloh tidak secara langsung lapor ke polisi. Paloh juga tidak secara langsung menyatakan telah dicemarkan RR. Paloh diwakili pengurus Nasdem.

Sementara RR langsung datang ke polisi. RR juga langsung menyatakan dirinya telah dicemarkan Paloh. Ketegangan RR dengan Paloh ini sudah bergulir sejak awal September lalu. Berawal dari omongan RR saat menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi.
Di TV itu, RR menyoroti membludaknya impor pangan termasuk

beras yang merugikan petani. Menurut dia, biang kerok impor pangan ini adalah Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan yang juga politikus Nasdem. “Cuma Presiden Jokowi nggak berani negor, takut sama Surya Paloh, ya. Saya katakan Pak Jokowi panggil saya saja biar saya yang tekan Surya Paloh, karena ini brengsek,” kata RR, saat itu.

Omongan RR yang menyebut “Jokowi takut Paloh” dan “Ini brengsek” yang kemudian dipersoalkan Nasdem telah menodai nama baik Paloh. Awalnya, Nasdem kirim somasi ke RR. Nasdem minta RR minta maaf. Namun RR bergeming, tak merasa salah dan menilai somasi tersebut salah alamat.

Karena somasinya diabaikan, politikus Nasdem yang dipimpin Taufik
Basari melaporkan RR ke polisi dengan tuduhan melakukan pencemaran nama baik.

Sebelum sama-sama lapor ke polisi, RR sebenarnya sudah memberi kode kepada Paloh untuk menurunkan tensi. RR secara terbuka mengajak Paloh untuk ngopi. Tapi, ajakan RR ini tak diladeni Paloh. Nasdem bersikukuh, RR harus minta maaf dulu, baru ngopi.

Nah, akhirnya, kemarin, RR melaporkan balik Paloh ke Bareskrim Polri. RR tak sendiri, 60 advokat dari Peradi mendampinginya saat membuat laporan. Para pengacara itu sudah berdatangan di lokasi sejak pukul 11 siang. Dandanannya rapi-rapi. Ada yang stelan jas dasi, ada juga yang berbatik lengan panjang. Para advokat ini berdiri di depan Kantor Bareskrim.

Bang? “Kami hari ini ingin mengajukan tuntutan kepada Bang Surya Paloh, sahabat saya, ke Bareskrim. Ada dugaan mencemarkan nama baik,” kata RR sebelum masuk ke Kantor Bareskrim.

“Yang kami perjuangkan nasib petani, jangan impor ugal-ugalan karena petani kita sudah susah. Pemerintah harusnya bekerja buat petani dan petambak garam di Indonesia, bukan di Vietnam maupun Thailand,” tambah RR.

Ketua tim kuasa hukum RR, Shalih Mangara Sitompul memastikan yang dituduhkan Nasdem lewat Ketua Tim Badan Advokasl Hukum (BAHU) Partai Nasdem Taufik Basari ke RR itu, salah. Pertama, RR tidak pernah menuduh

Paloh telah berlaku curang terkait impor pangan. Kedua, RR juga tidak pernah sekalipun menyebut Paloh sebagai orang brengsek. “Tetapi Surya Paloh melalui kuasa hukumnya menuduh Bang Rizal Ramli mengeluarkan kata brengsek. Padahal Bang Rizal Ramli tidak pernah mengatakan begitu. Kata “itu brengsek” yang dikatakan Bang Rizal Ramli terkait kebijakan impor bukan ditujukan ke Surya Paloh,” jelasnya.

Bersama laporan tersebut, kuasa hukum RR sudah menyerahkan beberapa bukti. Di antaranya dua berkas dan lima konten video saat RR menjadi narasumber di beberapa media televisi.

Surat somasi dari Paloh buat RR juga ikut diserahkan ke penyidik. Dalam tuntutannya, RR menggugat Paloh Rp 1 triliun karena telah merusak reputasi RR di dalam negeri dan internasional.

“Telah menimbulkan kerugian imateriil sebesar Rp 1 triliun dan materiil sebesar Rp 100 miliar. Kerugian imateriil dan materiil Rizal Ramli tersebut sudah selayaknya diganti oleh Surya Paloh sebagai pemberi kuasa hukum,” tegas Shalih.

Kalau sampai menang dan gugatannya dikabulkan, RR berniat menyumbangkan seluruh uang gugatannya untuk para petani dan petambak yang dirugikan atas kebijakan impor pangan yang telah dikeluarkan Kementerian Perdagangan.

“Seluruhnya kami akan sumbangkan kepada petani dan petambak garam di Indonesia,” kata RR.

Pelaporan balik RR ke Paloh ini menuai banyak komentar. Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman menghargai sikap RR. Namun, dia sedih melihat kedua tokoh senior yang berkawan lama itu, saling lapor ke polisi.

Dia berharap, RR dan Paloh duduk bersama menyelesaikan persoalan ini. “Mereka berdua bersahabat. Misal, ada sedikit salah bicara atau memaknai, namanya miskomunikasi kan wajar,” ucap Habiburokhman. “Ya sudahlah, ngobrol baik-baik, ngopi, sehingga bisa dicontoh oleh kami para generasi muda,” imbuhnya.

Sementara, Sekjen Nasdem Jhonny G Plate heran dengan sikap RR. Dia meminta hukum tak dibolak-balik. Nasdem melaporkan RR karena selama ini RR ogah minta maaf dan selalu merasa benar.***
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...