22 May 2019

Pulang Kampung, Abraham Samad Disambut Bak Pahlawan

Konfrontasi - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad tiba di Makassar dengan langsung disambut dengan proses adat "Angaru" sebelum menghadiri acara kemah akbar memperingati Hari Anti Korupsi.

"Pak Abaraham Samad sudah tiba dari Jakarta dan disambut dengan proses adat sejak di Bandara Sultan Hasanuddin selanjutnya bergabung dengan ratusan teman-teman aktivis lainnya di Malino," ujar Direktur Komite Pemantau Legislatif Indonesia, Syamsuddin Alimsyah, di Makassar, Sabtu (19/12/2015).

Bukan cuma penyambutan adat, beberapa spanduk juga dibentangkan yang salah satunya bertuliskan "Selamat Datang Sang Pejuang Antikorupsi ke Medan Pertempuran Lama".

Abraham Samad menyatakan kendati tidak lagi menjabat Ketua KPK, dia tetap bersemangat untuk pemberantasan korupsi.

"Tidak ada kata menyerah dan berhenti melakukan perjuangan dalam memberantas korupsi. Saya akan terus berjuang hingga titik darah penghabisan," tegas Abraham.

Syamsuddin Alimsyah meyatakan kinerja penegakan hukum di era Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sangat jauh dari harapan.

"Bahkan oleh sebagian kalangan menganggap inilah era di mana para koruptor bisa kembali bernapas lega setelah berhasil dalam permainan desain secara sistematis melemahkan institusi penegak hukum, khususnya KPK. Kriminalisasi bukan lagi ancaman semata, namun nyata dan benar adanya," kata Jokowi.

Ratusan aktivis sudah menyatakan akan hadir dalam acara di Makassar itu. antara lain Indonesia Corruption Watch (ICW), Transparansi Indonesia Internasional (TII), Perludem, Yappika, Kemitraan Jakarta, dan Asia Foundation.

Acara ini menghadirkan beberapa narasumber, antara lain hakim Mahkamah Konstitusi Aswanto, Abraham Samad, dan Bambang Widjojanto. (ant/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...