27 April 2018

Menhub Siapkan "Wasit" di Setiap Tol Cegah Macet di Brexit

Konfrontasi - Kemacetan horor ketika mudik terjadi di Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) tahun lalu. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tak ingin hal serupa terjadi di tahun ini.

"Di Brexit akan ada tim-tim yang memang sudah memantau jika sudah 2 kilometer sudah stuck, ini sistem teknisnya seperti apa, teknisnya tentunya akan dikendalikan kepolisian," ucap Budi di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2017).

Budi mengatakan bila dalam rapat koordinasi sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah memberikan arahan kepada para kapolda. Arahan itu adalah untuk melakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup apabila terjadi kepadatan.

"Bahwasanya kewenangan untuk membuka tutup daripada tol itu ada 'wasit-wasit' yang akan di setiap jalan tol. Jadi itu kendalinya bukan di kapolda lagi, jadi ada tim yang di bawah Kakorlantas," kata Budi.

Menurut Budi, sistem seperti itu sangat menjanjikan. Nantinya pihak Jasa Marga selaku operator jalan tol juga akan menyediakan aplikasi untuk memantau perjalanan mudik.

"Jasa Marga ada suatu aplikasi tertentu yang bisa me-monitoring daya dukung seperti apa yang masih bisa ditolelir untuk 1 lot Tol Cipali tersebut," ujar Budi. (dtk/mg)

Category: 
loading...

Related Terms