26 August 2019

KPU Perdana Kirim 18 Juta Surat Suara ke Papua

Konfrontasi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengirim 18.171.292 surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ke Papua. Surat suara yang dicetak di Makassar itu dikirim ke Papua melalui jalur laut.

“Papua yang pertama rampung (surat suara). Papua prioritas pertama mengingat wilayahnya terjauh dari sini (Makassar),” kata Direktur Percetakan PT Adi Perkasa Makmur Nakku, di Makassar, Sabtu (09/02/2019).

Jumlah tersebut terdiri dari surat suara untuk pemilihan presiden, legislator DPR, DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta DPD. Surat suara nantinya akan didistribusikan ke kabupaten/kota di Papua.

PT. Adi Perkasa juga mengirimkan formulir pemungutan suara yang dikawal ketat oleh aparat keamanan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan logistik sampai ke tempat tujuan dengan aman dan tepat waktu. “Pengiriman dengan kontainer melalui Pelabuhan Peti Kemas Makassar. Proses ini dikawal ketat oleh aparat keamanan,” tutur dia..

Pencetakan surat suara untuk Pemilu 2019 dimulai sejak 20 Januari 2019. Khusus di Kota Makassar, pencetakan surat suara untuk sembilan provinsi yakni Papua, Maluku Utara, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, dan Sulawesi Tengah.

Lebih dari 77 lembar surat suara untuk sembilan provinsi dan ditargetkan selesai dalam 60 hari. Pencetakan diperkirakan rampung pada pertengahan Maret, atau satu bulan sebelum pemungutan suara Pemilu. (lnsindo/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...