30 May 2017

Koruptor Hambalang Hanya Divonis 4 Tahun Penjara

KONFRONTASI - Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat 18 Juli 2014 menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta subsidair 2 bulan kurungan kepada Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng terkait dugaan korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Andi Alfian Mallarangeng secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," kata ketua majelis hakim, Haswandi.

Andi dinyatakan terbukti bersalah sesuai dakwaan kedua yakni Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 jo Pasal 65 ayat (1) KUHPidana.

Dalam menjatuhkan putusan, hakim berpendapat hal yang memberatkan karena perbuatan korupsi tidak sesuai dengan program pemerintah dalam rangka penyelenggaraan pemerintah yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Sementara hal yang meringankan adalah belum pernah dihukum, berlaku sopan selama persidangan, dan pernah mendapat penghargaan bintang jasa utama selama mengabdi serta terdakwa belum menikmati hasil perbuatannya

Terkait putusan tersebut, Andi langsung menyatakan akan mengajukan banding. "Saya mengerti dengan putusan majelis hakim, namun saya merasa putusan itu tidak sesuai rasa keadilan saya, karena itu saya menyatakan banding," kata Andi.

Sementara, Jaksa Penuntut Umum pada KPK menyatakan masih akan pikir-pikir terlebih dahulu.[vv/ian]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



News Feed

loading...

Baca juga


Loading...