21 July 2019

Kongres HMI kembali Ricuh

KONFRONTASI - Kongres ke-29 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Pekanbaru, Riau, kembali ricuh. Kericuhan ini terjadi saat rombongan liar (romli) masuk ruang sidang dan melempari panitia dengan kursi.

"Karena saat itu adalah masalah internal mereka, kita hanya bisa mengimbau masalah tersebut diselesaikan secara intern mereka saja," kata Wakapolresta Pekanbaru AKBP Putur Wicaksono, Rabu (2/12/2015).

Kericuhan dalam Kongres HMI yang digelar di Gelanggang Remaja Pekanbaru itu bermula saat Sidang Pleno III yang dipimpin Presidium HMI. Saat sidang berjalan alot itulah, puluhan romli datang.

Massa yang diperkirakan 30 orang langsung melakukan orasi. Mereka kemudian langsung berbuat anarkis dengan membalikkan meja yang ada di ruang sidang.

Melihat kondisi yang sudah mulai tidak kondusif, polisi mengevakuasi sembilan presidium sidang yakni Zulkarnaen, Muklis, Hendrikus, Rio Saputra, Bobby Irtanto, M.Rida, Mahmud Basir, Aang Widiyanto, dan Adiman Fariyadin ke tempat yang aman.

"Aksi romli ini terus berlangsung dengan melempari sejumlah kursi dan merusak meja di area ruang sidang. Sementara pemimpin sidang sudah diamakan terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan" ucap Wakapolres.

Sekitar pukul 02.10 WIB, romli keluar dan sidang dilanjutkan kembali. Kongres HMI seharusnya digelar pukul 22 hingga 26 November 2015. Namun, pihak panitia meminta tambahan waktu.[snw/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...