20 November 2019

Keterbukaan dana PDIP jadi Contoh Baik

KONFRONTASI-Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai pembukaan rekening dana partai yang dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merupakan sebuah terobosan yang bagus.

"Teruskan dan jangan tanggung untuk melakukan transparansi keuangan, itu harus dibuka," kata Uchok kepada wartawan, Senin (26/10).

Menurut Uchok, transparansi keuangan yang dilakukan PDIP harus benar-benar terbuka dan akuntabel mulai dari sumber pendanaannya dari mana dan untuk apa pendanaannya.

"Dan harus bisa diaudit oleh akuntan publik tiap tiga setengah tahun. Misal tiap anggota berapa setor dan harus ada namanya sumber-sumber dari mana aja," ujarnya.

Uchok berpendapat apa yang dilakukan PDIP tersebut memang tidak mudah untuk direalisasikan. PDIP harus konsisten dengan gagasannya tersebut.

"Sebenarnya PDIP akan mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat, jika benar-benar serius melakukan transparansi. Tetapi Masalahnya gini, penerimaan dana ini biasanya banyak yang di 'keep'" ujarnya.

"Tapi ini terobosan PDIP bagus lah. Saya mau PDIP buka keseluruhan transaksi keuangannya, agar publik senang dan percaya," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PDIP menjadikan prinsip berdikari di bidang ekonomi sebagai acuan dalam pengelolaan organisasi dan dana partai, yakni dengan cara membuka rekening dana partai yang ke depannya bisa diaudit secara profesional dan transparan.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, rekening partai yang dibuat atas kerjasama dengan BRI dan BCA tersebut, tidak hanya menampung iuran anggota, tetapi sekaligus menampung gotong royong dari pihak lain yang senapas dan seaspirasi dengan perjuangan partai. PDIP pun menggandeng akuntan publik ternama untuk secara periodik mengaudit rekening dana gotong royong tersebut.

Saat mengumumkan pembukaan rekening gotong royong, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto telah mengumumkan nomor rekening bagi kader PDIP atau masyarakat yang hendak memberikan sumbangan.

Berikut nomor rekening dana PDIP:

Rekening Gotong Royong :
- Bank BRI : 10-000-888-999
An. PDI Perjuangan
Cab. KCK Sudirman Jakarta

BANK BCA :
206 888 999 1
An. PDI Perjuangan
Cab. KCU MH Thamrin Jakarta - See more at: http://nasional.inilah.com/read/detail/2247906/jika-konsisten-rekening-p...
Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...