25 January 2020

Kepala BIN: Samadikun Hartono Punya Lima Paspor

KONFRONTASI-Penangkapan buronan perkara Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono diakui Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso cukup sulit. Pasalnya, mantan komisaris utama Bank Modern ini Punya 5 paspor berbeda dari Gambia dan Dominika.

"Kenapa sulit. SH punya lima paspor dari Gambia dan Dominika. Masing-masing paspor punya nama dan identitas berbeda," kata Sutiyoso dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (21/4/2016)

"Saat ditangkap dia menggunakan paspor Gambia atas nama Tan Jemi Abraham," sambung Sutiyoso.

Sutiyoso menuturkan, pihaknya memiliki wewenang operasi intelijen untuk memulangkan Samadikun. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada otoritas pemerintah Tiongkok atas respons cepat yang telah dilakukan.

"Saya apresiasi aparat di Tiongkok. BIN dan Kepolisian mereka merespons baik dan cepat. Mereka kooperatif. Masalah yang kelihatan sulit menjadi mudah," tutur Sutiyoso.

Pemulangan seorang buronan yang berada di negara lain merupakan etika internasional. Sutiyoso menegaskan, tidak ada mahar kepada pemerintah Tiongkok dalam pemulangan Samadikun. 

"Enggak ada barter. Ini etika internasional. Andai kata ada buronan Tiongkok di sini. Kita akan lakukan hal yang sama," papar Sutiyoso. [mr/mtv]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...