27 May 2019

Kenapa Abu Bakar Ba'asyir Tak Dapat Remisi?

KONFRONTASI - Humas Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan pada Kementerian Hukum dan Ham (Kemkumham), Akbar Hadi mengatakan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir tidak mendapatkan pengurangan masa hukuman atau yang biasa disebut remisi.

"Tahun ini ABB (Abu Bakar Ba'asyir) tidak dapat remisi Hari Raya Kemerdekaan, baik remisi khusus maupun remisi umum," kata Akbar, Sabtu (16/8).

Akbar Hadi menjelaskan Ba'asyir tidak mendapat remisi karena belum menjalani sepertiga masa hukumannya dan bukan karena peristiwa beredarnya foto yang bersangkutan tengah menyatakan bergabung dengan Organisasi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"ABB terkait PP 28 tahun 2006, belum menjalani sepertiga masa pidananya. Jadi, secara substantif belum terpenuhi persyaratannya," jelas Akbar.

Belum lama ini memang beredar foto yang menunjukkan Abu Bakar Ba'asyir bersama 13 orang narapidana lainnya berbaiat mendukung ISIS. Hal itu diketahui, karena satu di antara mereka terlihat membentangkan bendera ISIS berwarna hitam.

Pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah ini memang diketahui tengah menjalani masa hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusakambangan.

Terhadap Ba'asyir dijatuhi vonis 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, pada 16 Juni 2011 silam.

Ba'asyir dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme, yakni pelatihan militer di Pegunungan Jalin Jantho, Aceh Besar.[bs/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...