21 September 2019

Kemenhub 'Paksa' Pemudik Gunakan Rest Area Hanya 1 Jam Saja

Konfrontasi - Area istirahat di tol kerap menjadi pemicu kemacetan. Saat mudik Lebaran nanti, bakal diterapkan aturan pembatasan waktu istirahat. Satu jam saja cukup.

Berdasarkan berbagai peristiwa kemacetan di tol, terutama di tol Cipularang, titik rest area kerap dipadati pengendara. Saking padatnya, kendaraan sampai tak tertampung. Antrean pun terjadi di luar rest area, sehingga menimbulkan kemacetan.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto mengatakan, pemerintah akan mengupayakan penggunaan rest area secara bergantian. Waktu istirahat pun dibatasi hanya satu jam saja.

"Rest area akan coba bergantian yaitu dibatasi ya kalau mau buang air ya habis itu lanjut. Kalau mau istirahat ya jangan berjam-jam, satu jam saja cukup," kata Pudji saat jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jumat (27/5/2016).

Bila ada pengguna rest area yang melanggar, maka bakal dikenai sanksi. "Kalau lebih dari satu jam setengah dia kena pinalti dibayarnya mau Rp 250 ribu mau Rp 500 ribu ini sedang akan kita lakukan gimana teknisnya yang penting bergantiannya," paparnya.

Di sepanjang tol jalur mudik, ada beberapa rest area. Dalam momen mudik lebaran maupun liburan panjang, tempat istirahat itu kerap penuh. Kawasan yang kerap menjadi sorotan adalah rest area Cipularang dan tol Cipali. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...