20 November 2018

Kandidat Dirut Pertamina Dipertanyakan DPR

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan mempertanyakan lolosnya 'orang titipan' dalam rekrutmen calon Direktur Utama Pertamina.

Beredar kabar ada enam calon dari eksternal yang ikut dalam proses seleksi. Mereka adalah Budi Sadikin (Dirut Bank Mandiri), Sunarso, (Direksi Bank Mandiri), Zulkifli Zaini (Mantan Dirut Bank Mandiri), Fahmi Muhtar (Mantan Dirut PLN), Dwi Sucipto, (Dirut Semen Indonesia), dan Rinaldi Firmansyah (Mantan Dirut Telkom).

Nama Rinaldi Firmansyah disebut-sebut kandidat terkuat karena diendorse langsung oleh  Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Wapres Jusuf Kalla.

"Nanti akan kami tanya melalui perwakilan kami di komisi VI, tanyakaan ini (titipan), akan kita kontrol terus," ujar Ketua Komisi VII DPR Edhy Prabowo dalam pesan elektronik yang diterima redaksi (Sabtu, 7/11).

Dia menekankan yang menjadi direksi pertamina haruslah orang yang memiliki kemampuan dan pengalaman soal migas.

"Harus yang ahlinya lah," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta Menteri BUMN agar melakukan seleksi Pertamina secara transparan.

"Harus ingat bahwa yang akan dikelola adalah aset negara bukan swasta," pungkas Edhy.

Ada hal mencurigakan jika benar pemilihan Direktur Utama (Dirut) Pertamina dilakukan secara tertutup. Seharusnya, pemerintah dan Pertamina bisa lebih terbuka soal siapa saja yang menjadi calon Dirut agar publik mengetahui dan bisa menilai.

"Tidak boleh seperti itu (tertutup). Terbukalah. Itu curang. Ini kan untuk perusahaan sekaliber Pertamina. Kalau ini terbuka kan kita tahu siapa calon-calonnya. Pertamina ini juga harapan terbesar bangsa," kata Ketua Umum Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (eSPeKaPe), Binsar Effendy Hutabarat, dalam keterangannya, Sabtu (8/11).

Sedangkan Koordinator Indonesia Migas Watch, Tri Widodo, mempertanyakan lembaga konsultan swasta, PT Daya Dimensi Indonesia (DDI), yang ditunjuk pemerintah untuk menguji para kandidat tersebut. Apakah lembaga itu benar-benar tahu sosok seperti apa yang dibutuhkan Pertamina?

"Saya rasa DDI juga tentu belum tahu kondisi Pertamina. Dia tahu tidak sosok seperti apa yang dibutuhkan oleh Pertamina? Apa dia paham korporat kultur di Pertamina?," kata Tri.

Terkait munculnya nama Rinaldi Firmansyah (Mantan Dirut Telkom) menjadi kandidat Dirut Pertamina, Tri tegaskan itu tidak pantas. Menurut dia, hanya putra Pertamina asli yang tahu betul kondisi perusahaan saat ini. Hanya orang internal yang tahu kultir korporat yang ada di perusahaan plat merah itu.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...