20 January 2020

KAI Diminta Operasikan Commuter Line Rangkasbitung-Maja

KONFRONTASI-PT Kereta Api Indonesia diminta operasikan Commuter Line rute Rangkasbitung-Maja untuk pelayanan arus mudik Lebaran 1436 Hijriah.

"Kami berharap jalur Rangkasbitung-Maja dioperasikan satu jalur karena infrastuktur pemasangan listrik sudah terpasang," kata Abdurohman, warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu.

Ia mengatakan, selama ini perjalanan Commuter Line dari Stasiun Tanahabang-Maja sudah dioperasikan dengan satu jalur.

Sedangkan, Stasiun Maja-Rangkasbitung sepanjang 22 kilometer belum dioprasikan,padahal pembangunan sarana pendukung pemasangan airan listrik atas sudah selesai.

Karena itu, pihaknya berharap PT KAI segera mengoperasikan Commuter Line menjelang Lebaran.

Sebab Commuter Line tidak dibatasi oleh jumlah penumpang,sehingga semua penumpang bisa terangkut.

Sementara saat ini pelayanan KA lokomotif dibatasi sesuai dengan jumlah tempat duduk.

"Kami khawatir banyak penumpang pada arus mudik dan arus balik tidak terangkut dengan alasan kehabisan tempat duduk," katanya.

Menurut dia, penumpang arus mudik dan arus balik dipastikan ribuan sehingga harus dapat terlayani dengan baik tanpa antrean maupun penumpukan.

Apabila, Commuter Line itu terlayani dipastikan tidak terjadi penumpukan penumpang.

"Kami minta PT KAI tahun ini dapat merealisasikan Commuter Line Rangkasbitung-Maja, meskipun perjalanan satu jalur," katanya.

Begitu pula, Sunarno, seorang komunitas pencinta angkutan KA mengatakan pihaknya mendesak PT KAI segera mengoperasikan Commuter Line jalur satu Rangkasbitung-Maja sehingga bisa menempuh perjalanan menuju Jakarta.

Pembangunan jalur satu Commuter Line sudah selesai dan bisa dioperasikan karena jaringan listrik atas selesai, termasuk pemasangan beton tiang penyangga jalur itu.

"Kami yakin jika Commuter Line itu dioperasikan maka pada rus mudik ancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang," ujarnya.

Kepala Stasiun KA Rangkasbitung Urip mengatakan PT KAI kini sedang melaksanakan pembangunan jalur ganda atau "Double Track" Rangkasbitung-Maja sepanjang kurang lebih 22 kilometer yang ditargetkan 2017 dapat dioperasikan KA Commuter Line.

Namun, pembangunan jaringan listrik atas pada satu jalur perjalanan Commuter Line sudah selesai.

Saat ini, sepanjang jalur satu Rangkasbitung-Maja telah terpasang beton tiang penyangga maupun kawat jaringan listrik.

"Kami belum menerima laporan dari PT KAI jalur Rangkasbitung-Maja dioperasikan Commuter Line, meskipun pemasangan airan listrik atas selesai untuk satu jalur," katanya.(ant)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...