24 February 2020

Jokowinomics Kritis 2020, Ekonomi Terpuruk. Rizal Ramli Ingatkan, Banyak Korporasi Gagal Bayar

KONFRONTASI-  Duh, Jokowinomics dirundung krisis BUMN Jiwa Sraya Rp50 Trilyun, tumpukan utang BUMN dan utang negara Ribuan trilyun, banyak korporasi gagal bayar.Tahun 2020 sebentar lagi menyapa. Begawan ekonomi Rizal Ramli mengatakan, tahun depan merupakan ‘critical year‘, tahun penentuan bidang ekonomi...

“Ekonomi Indonesia bakal anjlok 4 persen. Itu makro. Sementara, korporasi Indonesia akan lebih banyak yang gagal bayar,” kata Rizal di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Perusahaan ‘zombie company‘, yaitu perusahaan yang terdaftar di bursa efek akan tumbuh lebih banyak.

“Perusahaan ini yang untuk membayar bunga saja tak cukup dari operasional ‘income‘. Itu angkanya tahun ini 24 persen, tahun depan sepertiganya,” lanjut Menko Maritim Sumber Daya periode pertama Presiden Jokowi ini.

Nah, lanjut eks Tim Panel Ekonomi PBB, kalau sektor makro dan mikro nyambung, bisa terjadi sesuatu di ekonomi Indonesia, seperti krisis.

“Cuma seperti biasa, banyak yang kepedean, bilang tak ada masalah, semua beres,” imbuh dia.

Di tahun 1996 akhir, Rizal sempat meramalkan akan terjadi krisis di tahun-tahun berikutnya. Dan semua benar-benar terjadi.

“Kita bukan pake ‘sixth sense‘, tapi lewat ‘forecast‘. Dan benar, tahun 1998, ekonomi kita anjlok. Semua yang kita ramalkan kejadian,” Rizal menambahkan.

“Tahun depan ‘critical year‘, tapi sayang Jokowi dikelilingi pejabat asal bapak senang atau ABS. Bilang gak ada masalah, salahin luar negeri. Bolak-balik jawaban kayak gini,” kecewa Rizal.

“Tapi apa ‘plan‘ rencana supaya kita membalikkan situasi (strategi ‘turn around’) tahun depan, sampai hari ini kita belum lihat apa strategi makro dan sektoral dalam bidang ekonomi. Kok ngimpi lebih baik, strategi tidak jelas,“ kata Menko Perekonomian Presiden Gus Dur 2000-2001 itu.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...