20 February 2018

Inilah Jumlah Harta Kekayaan Jokowi

Jokowi dan Istri

KONFRONTASI-Pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa sudah melaporkan kepemilikan hartanya pada Selasa (21/5). Adapun Joko Widodo (Jokowi) baru hari ini melapor ke KPK.

"Informasi terbaru yang disampaikan Direktur LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), tadi pagi utusan Pak Jokowi melaporkan pendaftaran LHKPN ke KPK," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di kantor KPK, Rabu (21/5).

Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, kata Johan akan melapor pada esok hari, Kamis (22/5).

"Pak JK besok akan lapor sebagai syarat maju dalam pemilu presiden," kata Johan.

Menurut Johan, setelah seluruh laporan diterima, KPK akan melakukan verifikasi dokumen. Apabila dalam laporan terdapat dokumen yang kurang, maka KPK akan meminta agar dilengkapi.

"Setelah verifikasi akan diklarifikasi. Itu dilakukan mengecek ke lapangan. Dalam laporan itu ada rumah, apakah benar rumah yang dilaporkan benar sesuai LHKPN," kata Johan.

Berdasarkan LHKPN Jokowi tertanggal 28 Februari 2010, Gubernur DKI Nonaktif itu mempunyai total harta senilai Rp 18,47 miliar dan US$ 9.483. Jokowi memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan sejumlah Rp 15,7 miliar, yang berada di Kabupaten Sragen, Kota Surakarta, Kota Balikpapan, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Boyolali.

Jokowi juga mencatatkan kepemilikan atas 11 mobil bernilai Rp 893 juta, yang terdiri atas dua Isuzu Panther, tiga Izusu, Honda City, Mercedes Benz, Nissan Terrano, Daihatsu Espass, Suzuki dan motor Yamaha Vido.

Mantan Walikota Solo itu juga memiliki usaha peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, kehutanan dan pertambangan senilai Rp 1 miliar dan logam mulia, batu mulia dan benda bergerak lain sejumlah Rp 689,4 juta.

Harta lain adalah berbentuk giro dan setara kas lain, senilai Rp 186,7 juta dan US$ 9.843.

Adapun JK mempunyai harta sebesar Rp 314,51 miliar dan US$ 25.718. Angka tersebut berdasarkan pelaporan LHKPN per 16 November 2009. Pengusaha asal Makassar itu mempunyai harta Rp 91,99 miliar. JK juga tercatat memiliki alat transportasi senilai Rp 225 juta yang terdiri atas mobil Toyota Kijang, Toyota Crown dan Toyota Land Cruiser.

Mantan Presiden Kabinet Indonesia Bersatu I ini juga memiliki peternakan senilai Rp 1 miliar dan harta bergerak lain, berbentuk logam mulia, batu mulia dan benda bergerak lain sejumlah Rp 538,7 juta. Harta terbesar JK berasal dari investasi surat berharga yang berjumlah Rp 220,52 miliar dan ditambah giro dan setara kas lain sebesar Rp 224,4 juta dan US$ 25.718.

Berdasarkan pasal 5 huruf f dan Pasal 14 ayat (1) huruf d, Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 Tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, calon presiden dan wakil presiden wajib melaporkan hartanya ke KPK.[an/bs]

Tags: 
Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...