12 December 2019

Golkar Dapat Jatah Ketua DPR

KONFRONTASI - Kursi Ketua DPR diberikan kepada Golkar sesuai kontrak politik di Koalisi Merah Putih. Wakil Sekjen Partai Golkar Tantowi Yahya belum mau bicara siapa calon yang akan duduk jadi orang nomor satu di DPR nanti.

"Insya Allah fix ya (Golkar ketua), kalau nama saya belum tahu," kata Tantowi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/9).

Dia menjelaskan, Golkar adalah partai yang suaranya paling besar di koalisi Merah Putih. Karena itu mendapatkan jatah kursi ketua DPR. "Karena dari azaz yang dipakai dalam menentukan ketua itu tidak bisa lepas dari jumlah kekuatan yang tergabung dalam koalisi," terangnya.

Karena itu, seluruh partai koalisi sepakat untuk memberikan jatah kursi Ketua DPR kepada Golkar. Dia menegaskan, seluruh partai koalisi ikhlas Golkar jadi ketua DPR periode 2014-2019.

"Kami sepakat Koalisi Merah Putih dari tujuh partai, Partai Golkar menempati posisi tertinggi. Jadi, secara demokratis penuh keikhlasan partai-partai lain akan memberikan posisi itu kepada Golkar," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam Tatib DPR, kursi pimpinan dipilih dengan mekanisme voting di paripurna DPR. Koalisi Merah Putih memiliki 60 persen lebih suara dengan enam partai di dalamnya.

Dengan demikian, hampir dipastikan Koalisi Merah Putih bakal menguasai kursi pimpinan DPR. Namun mekanisme ini akan gugur jika MK membatalkan UU no 17 tahun 2014 yang diajukan PDIP dan sejumlah LSM lainnya.[ian/mrd]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...