27 February 2017

Gelar Latihan Bela Negara Bersama FPI Berujung Pencopotan Dandim Lebak

Konfrontasi - Dandim Lebak, Kolonel Czi Ubaidillah dicopot dari jabatannya karena menggelar latihan Bela Negara untuk anggota Front Pembela Islam (FPI). Ubaidillah dianggap menyalahi prosedur karena tak melapor ke atasan.

"Ditemukan kesalahan prosedur yaitu Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan Bela Negara," ujar Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Letkol Arh M Desi Ariyanto dilansir merdeka.com, Minggu (8/1/2017).

Seperti apa sebenarnya latihan tersebut? Dalam akun instgaram DPP_FPI diunggah foto kegiatan itu. Dalam caption ditulis 'TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Lebak Banten'.

Terlihat ada peserta melintasi kubangan air dengan berjalan merayat di atas seutas tali. Beberapa anggota TNI ada di lokasi, dan terlihat mendokumentasikan beberapa momen.

Informasi dihimpun latihan ini digelar 5 hingga 6 Januari 2017. Latihan diikuti lebih dari 100 orang dan digelar di salah satu pesantren di Lebak.

Ariyanto mengatakan kesalahan dilakukan karena tidak melakukan koordinasi. Dia juga menegaskan kegiatan itu bukalah agenda kemiliteran.

"Hirarki tentara kan komandan bawah ke komandan atasan. Kalau semua masing-masing enggak lapor ke atasan bukan tentara namanya. Di TNI kan satu komando," tegasnya. (mrdk/mg)

Category: 

Berita Terkait

Baca juga


Loading...