24 February 2020

Densus Tangkap Terduga Pengacau Natal

KONFRONTASI - Densus 88/Antiteror menangkap tiga orang terduga teroris dalam beberapa hari ini. Mereka dibekuk di Lamongan, Banyuwangi, dan Sukoharjo.

"Kita tangkap, karena sudah jadi buron kita, dan itu langkah preventif. Kita tidak menemukan adanya rencana mereka hendak mengacaukan Natal," kata Wakapolri Komjen Badrodin Haiti Rabu (24/14).

Tiga teroris itu adalah Tony Sangaralo, alias Toni, alias Amir, alias Fadhil, alias Abu Sauqi. Lelaki 36 tahun ini diduga terlibat latihan para militer di Jantho, Aceh pada 2010.

Dia ditangkap Minggu (21/12) malam, sekitar pukul 20.15 WIB dipertigaan Bandeng, Glagah, Lamongan, Jawa Timur.

Ada juga Adi Margono, yang dibekuk pada Senin (22/12). Lelaki 45 tahun kelahiran Semarang itu ditangkap saat keluar rumah di Perumahan Brawijaya Permai, Banyuwangi, Jawa Timur.

Adi diduga terlibat mengantarkan Syaiful Sayyaf, alias Gaplek dari Solo ke Jakarta untuk ikut pelatihan para militer di Jantho, Aceh bersama ikhwan yang lain.

Adi juga mengantar atau mengirim Guntur Amuntai untuk bergabung, melakukan perampokan bersama kelompok Sabar di Medan, Sumut.

Selain itu Adi juga menyediakan senjata dan amunisi untuk dikirimkan oleh Arif Tuban ke Riau, dan mengirim Zuher dan Kuncoro untuk ikut pelatihan di Aceh.

Pada hari yang sama detasemen berlambang burung hantu itu juga menangkap Dodi Kuncoro di Gambiran, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dodi adalah jaringan teror kelompok Badri Solo, yang dulu ditangkap pada 2012, karena membuat bom cair nitroglycerin.

Dodi juga pernah mengirimkan uang ke Poso sebesar Rp 1,5 juta, untuk pelatihan militer kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso.

Tahun lalu, Densus 88/Antiteror juga menangkap sejumlah pelaku teror pada 31 Desember 2013 - 1 Januari 2014.
Saat itu enam orang tersangka teroris tewas, setelah tertembak mati di rumah kontrakan di Ciputat, Tangerang Selatan.

Mereka merupakan tersangka penembak polisi di sejumlah lokasi di Tangerang Selatan. Mereka juga terlibat pengeboman Wihara Ekayana di Jakarta Barat.[bst]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...