20 November 2018

Dari 15 Cawapres untuk Prabowo: Rizal Ramli Dinilai jadi Penentu Kemenangan Prabowo atas Jokowi, kata Peneliti

KONFRONTASI- Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan pihaknya masih menggodok sejumlah nama untuk dijadikan Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto. Tanpa menyebutkan namanya Muzani menyebut ada 15 nama yang sekarang masuk bursa Cawapres Prabowo. ''Namun hemat saya Rizal Ramli PhD adalah cawapres Prabowo yang kuat, dia teknokrat senior yang bakal jadi penentu kemenangan Prabowo atas Jokowi, dengan dukungan NU/PKB/Pesantren Tebu Ireng/Gontor di pilpres nanti,'' kata Muh Nabil,  peneliti Centre for the Study of Religion and Culture UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. ''Itupun kalau RR tak diambil Jokowi lebih dulu untuk perbaiki ekonomi yang merosot terus ini,''katanya.

Mantan Menteri kordinator (Menko) Maritim Rizal Ramli disebut sebagai faktor penentu kemenangan Prabowo atas Jokowi di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Hal itu diungkapkan oleh pengamat politik dari New Indonesia Foundation, Reinhard. MSc. Menurutnya ada tiga alasan mengapa ekonom senior yang akrab disapa RR itu menjadi faktor penentu kemenangan Prabowo di pilpres tahun depan.

Pertama, Rizal Ramli adalah seorang ekonom yang paham betul kelemahan pembangunan ekonomi di era Jokowi. Masyarakat yang tidak puas dengan kinerja Jokowi di sektor ini pasti akan mendukung sosok ekonom handal pembawa solusi.

"Sudah ada nama-nama cawapres barangkali 12 sampai 15 orang dari partai politik (Parpol) dan non parpol," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (15/3/2018).Dari jumlah tersebut menurut Muzani, 7 diantaranya berlatarbelakang parpol.

Sementara sisanya berasal dari berbagai macam latar belakang.

"Dari militer ada, tokoh Islam ada. Ada perempuan, satu atau dua lupa saya. ekonom ada, pengusaha ada," katanya.

Menurut Muzani ke-15 orang yang masuk bursa Cawapres tersebut, sebagian besar merupakan orang yang selama ini santer disebutkan akan maju dalam Pemilihan presiden.

"Nama-nama yang banyak muncul kemudian kita infintalisir kemungkinan-kemungkinannya," kata Muzani.

Ia mengatakan idealnya Cawapres sudah dapat ditentukan dan dideklarasikan berbarengan dengan deklarasi pencapresan Prabowo.

Namun, menurutnya pengumuman Cawapres bisa ditunda bergantung pada kesepakatan partai Koalisi.

"Karena perkembangan politik di tingkat nasional makin hari hari Minggu bulan terus bergerak berubah sehingga barangkali itu bisa menjadi momentum momentum baru untuk kita bisa menyebabkan dan membidik satu dua tiga nama untuk kandidat calon wakil presiden‎‎," katanya.

Sebelumnya sejumlah politisi Gerindra menyebut beberapa nama masuk bursa Cawapres Prabowo. Mereka yakni mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Rizal Ramli, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ( Cak Imin) .

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...