18 November 2019

Catatan Kecil dari Kongres Umat Islam di Medan: Rakyat Ingin Perubahan

MEDAN- Kongres Umat Islam Sumut tuntas digelar dan gegap gempita menyambut kehadiran Rizal Ramli yang maju sebagai capres rakyat. RR menyapa dengan seruan ''perubahan''

Teriakan perubahan menggema di acara Kongres Umat Islam Sumatera Utara, Medan (Sabtu, 31/3). Peserta kongres sepakat pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla tidak membawa perbaikan terutama di bidang ekonomi.

Acara yang berlangsung sejak Jumat (30/3/2018) hingga Minggu (1/4/2018) ini menghasilkan empat point keputusan.

Keputusan ini dibacakan oleh Pimpinan Sidang sekaligus Ketua Kongres Umat Islam Sumut Masri Sitanggang didampingi 37 ormas Islam di Asrama Haji Jalan AH Nasution, Medan, Minggu (1/4/2018).

Masri mengatakan, empat poin keputusan itu adalah Ukhuwah, Penguatan Peran Politik Umat Islam, Penguatan Sosial Ekonomi Umat Islam dan Penguatan Peran Wanita Islam.

Hasil kongres menyerukan agar umat Islam memilih kepala daerah atau kepala negara sesuai kriteria Al Quran dan Sunnah.

"Yakni memenangkan pasangan calon muslim dan muslim," kata Masri.

Masri juga mengajak umat Islam untuk berperan aktif dalam perpolitikan, baik untuk dipilih maupun memilih.

Mereka juga menyerukan umat Muslim agar tidak memilih partai-partai mendukung penista agama serta undang-undang organisasi kemasyarakatan.

Di sisi ekonomi, Masri juga mengajak umat Islam untuk membuka usaha berbadan syariah. Di antaranya minimarket dan home industri. Termasuk mengkomsumsi produk-produk yang telah memiliki sertifikat halal.

Hasil kongres selanjutnya adalah mengajak para orangtua untuk mendidik dan mendampingi anggota keluarga agar terhindar dari bahaya narkoba, pornografi, LGBT dan pergaulan bebas.

Mereka juga akan membentuk Laskar Mujahidah Sumut.

"Hasil keputusan juga mengusulkan membentuk Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) sebagai wadah menjalin silahturahmi antarorganisasi muslimah," kata Masri.(nan)

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...