25 February 2020

Buntut Insiden Tolikara, Polda Metro Jaga Ketat Gereja-gereja di Jabodetabek

KONFRONTASI-Dalam kaitan dengan insiden di Tolikara, Papua, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya telah membangun komunikasi dengan gereja-gereja di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, guna meningkatkan pengamanan.

"Saya kira Panglima Kodam Jaya dan Kapolda menjamin keamanan Jakarta," ujar Tito di Markas Polda Metro Jaya, Selasa, 21 Juli 2015. Tito berujar, petugas kepolisian juga telah berkomunikasi dengan mahasiswa-mahasiswa Papua yang berada di Jakarta. "Supaya mereka tenang."

Tito mengingatkan semua kepala kepolisian resor di wilayah Polda Metro Jaya untuk melakukan antisipasi dan memperkuat keamanan di gereja meskipun ada tim khusus dari Polda dan Markas Besar Kepolisian RI yang bersiaga.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer Jaya Mayor Jenderal Agus Sutomo meminta masyarakat menyikapi insiden Tolikara dengan cerdas, bijak, dan arif serta mengedepankan kekeluargaan. Dia mengibaratkan insiden Tolikara dengan sumbu petasan yang menyala.

"Ini ibarat sumbu panjang yang pada akhirnya dapat meledak. Karena itu, kita semua harus bertanggung jawab memadamkan sumbu api itu," kata Agus. Dia meminta masyarakat lebih mengutamakan kepentingan nasional.

Menurut Agus, Kepala Polri juga telah menginstruksikan personel kepolisian agar proaktif melakukan tindakan preventif dan mengingatkan masyarakat agar tidak terpancing oleh isu seputar insiden itu. "Maunya mereka yang membuat skenario, kejadian ini muncul di mana-mana. Petasannya akan meledak. Mereka itu ingin Indonesia jatuh di mata dunia. Ekonomi jatuh, timbul kerusuhan di mana-mana, dan yang rugi kita semua."[mr/tmp]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...