15 December 2019

BNPT Minta Pemda Proaktif Cegah Terorisme

KONFRONTASI-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan, pemerintah daerah (pemda) memiliki peran vital untuk menanggulangi terorisme.

Karena itu, pemda harus proaktif dengan berbagai dinamika radikalisme dan terorisme yang ada di wilayahnya masing-masing.

“BNPT sangat berkepentingan dengan pemda dalam penanggulangan terorisme. Kenapa? Sebab, berbicara terorisme, tidak hanya penegakan hukum, tetapi pencegahan juga sangat penting,” ujar Suhardi, Rabu (17/10).

Mantan Kapolda Jabar itu juga membeber cara mengidentifikasi masalah-masalah radikalisme dan terorisme yang ada di wilayah.

“Pemda jangan cuek. Harus dilakukan identifikasi secara berkesinambungan. Saya menantang pemda untuk mengambil peran penanggulangan terorisme di wilayahnya secara aktif,” imbuh Suhardi.

Dia menjelaskan, mantan napiter butuh kesempatan kedua untuk hidup lebih baik.

Namun, selama ini masyarakat sulit menerima kehadiran mantan napiter.

“Kalau mereka dipantau, diberikan akses, dibimbing, dan diingatkan tentu ada proses pembelajaran kepada mereka. Ini yang kami harapkan peran aktif pemda karena mereka ada di daerah,” tutur Suhardi.

Mantan Sestama Lemhanas itu juga mengajak pemda dan masyarakat menggunakan media sosial (medsos) dengan bijaksana.

Menurut dia, kemajuan teknologi membuat dunia seperti dalam genggaman. Bahkan banyak orang yang terpapar radikalisme dan paham negatif karena faktor teknologi informasi.

“Kemampuan masyarakat untuk memfilter dan memverifikasi sangat penting. Jangan langsung di-share, biasakan saring sebelum sharing,” kata Suhardi.[mr/jpn]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...