22 September 2019

BMKG: Gempa 3,4 SR Guncang Soroako Sulawesi Selatan

Konfrontasi - Gempa bumi berkekuatan 3,4 skala richter (SR) mengguncang wilayah Soroako dan Malili, Sulawesi Selatan, Minggu (24/4/2016), sekira pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlokasi di 2.43 Lintang Selatan dan 121.43 Bujur Timur, tepatnya pada jarak 33 kilometer (km) arah Timur Laut Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dengan kedalaman hiposenter 12 kilometer.

"Guncangan gempabumi dirasakan cukup kuat di Soroako pada skala intensitas II-III MMI, dan di Malili I-II MMI. Saat guncangan terjadi, dilaporkan banyak warga masyarakat di Soroako berhamburan ke luar rumah," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/4/2016).

Daryono menambahkan, gempa tersebut ditinjau berdasarkan kedalamannya, dan merupakan gempa bumi dangkal.

"Dilihat dari lokasi episenternya, gempabumi ini terletak di jalur sesar aktif Matano, sehingga dugaan kuat bahwa gempabumi ini memang disebabkan oleh aktivitas Sesar Matano," tambah dia.

Sebelumnya, pada tanggal 15 Februari 2011 Sesar Soroako pernah aktif dan memicu gempabumi berkekuatan 6,1 SR hingga menimbulkan kerusakan ringan pada bangunan rumah di Sorowako dan sekitarnya. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...