21 January 2020

BJ Habibie akan Dimakamkan di TMP Kalibata Berdampingan dengan Pusara Mendiang Sang Istri

KONFRONTASI-Jenazah Presiden ke-3 RI BJ Habibie akan disemayamkan di rumah duka, Patra Kuningan, Jaksel setelah dimandikan dari RSPAD Gatot Soebroto. Berdasarkan informasi, jenazah teknokrat andal Indonesia itu bakal dimakamkan, Kamis (12/9/2019), di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, tepat berdampingan dengan pusara isteri tercinta, Ainun Habibie.

Sementara di rumah duka sudah dilakukan persiapan seperti memasang tenda hingga lampu penerangan. Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019) petang setelah menjalani perawatan intensif dalam beberapa hari terakhir.

Menurut keluarga, Habibie menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 18.05 WIB setelah kondisinya melemah sekitar pukul 17.00 WIB. Habibie meninggal dunia dikelilingi segenap keluarga besarnya.

Sewaktu membesuk Habibie yang berbaring lantaran sakit tua, mantan Ketum Golkar dan Ketua DPR Akbar Tanjung menyatakan bangsa ini masih membutuhkan sosok almarhum. Namun Tuhan berkehendak lain.

BJ Habibie memimpin Indonesia pada masa krisis dan transisi dari orde baru ke reformasi. Habibie berjasa dalam demokrasi setidaknya membebaskan banyak tahanan politik dan menjamin kebebasan pers. Dia pula yang menggelar referendum di Timor Timur yang sekarang menjadi negara merdeka, Timor Leste.[mr/bst]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...