24 January 2017

Bisa Ganggu Profesionalitas TNI, DPR Minta Moeldoko Jelaskan Penunjukan Konglomerat Tahir

KONFRONTASI - Penunjukan dua pengusaha sebagai penasihat panglima TNI, Jenderal Moeldoko, bisa mengganggu profesionalitas TNI. “Saya khawatir pengangkatan dua orang ini membawa konsekuensi yang tidak perlu,” kata Anggota Komisi Pertahanan DPR, Mardani Ali Sera Senin malam, 22 September 2014.

Dua pengusaha yang disebut-sebut telah ditunjuk menjadi penasehat Panglima TNI itu adalah Chief Executive Officer Mayapada Group, Tahir, sebagai penasehat bidang kesejahteraan prajurit dan Peter Sondakh, pemilik Rajawali Group, sebagai penasihat bidang ekonomi.

Menurut Mardani selama ini sudah ada kesepakatan antara TNI dan DPR untuk terus meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan prajurit. Namun pengembangan itu harus dilakukan sebagai tanggung jawab negara dan bukan menjadi tanggung jawab orang per orang.

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini menyatakan peningkatan kesejahteraan dilakukan dengan mendorong penambahan alokasi anggaran belanja TNI. Karena itu, menurut Mardani, persinggungan dengan pengusaha bisa menimbulkan persepsi negatif di tengah masyarakat. “Dikhawatirkan mereka menjadi pintu adanya upaya di luar negara yang mempengaruhi kebijakan.”

Mardani juga menilai, pelibatan pengusaha bisa menimbulkan persepsi masyarakat tentang menurunnya profesionalitas TNI. “Publik punya perasaan, maka sebaiknya ini dihindari.” Namun, kata Mardani, penunjukan dua penasehat itu tetap bisa dilakukan bila Moeldoko bisa menjelaskan dengan gamblang pada publik alasan penunjukan keduanya. “Paling baik kita menjaga bersama citra bersama TNI.”

Selama ini, Mardani melanjutkan, Moeldoko belum pernah menjelaskan ihwal rencana penunjukan dua pengusaha ini. Moeldoko juga tak pernah menyinggung rencana mengangkat dua penasehat. Karena itu, Mardani meminta Moeldoko segera menjelaskan pada komisi pertahanan DPR

Juru bicara TNI Mayor Jenderal Fuad Basya belum berhasil dimintai tanggapan ihwal penunjukan Tahir dan Peter itu. [tmp]

Category: 

 


loading...
loading...

BACA JUGA:      

Loading...