21 November 2019

Bentuk Masjid Al Safar di Rest Area Km 88, Mendadak Viral

KONFRONTASI -  Masjid Al Safar yang terletak di rest area Km 88 Tol Cipularang-Padaleunyi yang ternyata dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mendadak viral di media sosial (medos). Pasalnya, struktur bangunan Masjid tersebut memiliki simbol segitiga yang katanya mirip iluminati.

Bahkan, sebuah video menampilkan seorang pria yang tengah menelusuri bangunan Masjid Al Safar yang didesain langsung Ridwan Kamil. Pria tersebut mengaku memfoto Masjid beserta isi dalamnya yang menurutnya akrab dengan nuansa segitiga.

“Ini pintu masuknya dan lihat ini segitiga semua. Nyaris segitiga semua. Bahkan ketika masuk ke dalam, ini segitiga, satu mata. Maka, ketika kita salat, sebetulnya kita menghadap siapa, menghadap Allah atau segitiga satu mata?” kata pria itu dalam video yang saat ini viral tersebut.

Seorang netizen lantas menanyakan video viral tentang masjid bernuansa segitiga itu kepada Ridwan Kamil dalam kolom komentar unggahannya tentang mudik di Instagram. Untuk diketahui, Masjid Al Safar berdiri di rest area KM 88 B Tol Cipularang, Jawa Barat, Masjid Al Safar disebut Ridwan Kamil merupakan karyanya sejak tahun 2012.

“Ada video soal masjid yang kang RK bangun berkaitan dengan simbol2 segitiga, saya non muslim, tapi kok ikut miris melihat cara2 provokasi tsb… mohon segera klarifikasi kang..,” tulis si netizen seperti dilansir detik.com.

Apa kata Ridwan Kamil? Menurut bekas Wali Kota Bandung itu, pihak-pihak yang mengaitkan simbol segitiga dengan kerangka masjid yang dibangunnya hanya menafsir tanpa upaya klarifikasi langsung terhadapnya.

Menurut Kamil yang memang berlatar arsitek itu, andai geometri segitiga dipersoalkan, tak ada bangunan masjid tropis ala pendopo di dunia ini. Dia meminta akal sehat harus dipakai dalam melihat sesuatu.

“Mereka menafsir tanpa pernah sedikitpun bertanya/tabayyun. Jika segitiga dilarang, maka di duniaini geometri tinggal tersisa kotak dan lingkaran. Maka masjid2 tropis dgn atap ala pendopo pun harus dihancurkan? Kita ikut akal sehat saja,” sebut Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga menyebut, usahanya mendesain Masjid Al Safar adalah sebagai usaha memajukan seni atau arsitektur Islam. Cara itu dilakukan agar seni dalam Islam berkembang.(Jft/B.Buana)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...