31 March 2020

BEM SI Sesalkan Penahanan 2 Mahasiswa sebagai Tersangka Demo di Istana Presiden

KONFRONTASI- Sebanyak 14 orang mahasiswa yang ikut berdemo di depan Istana Kepresidenan, Jumat (20/10) diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka. Meski 12 orang sudah dipulangkan, namun 2 orang mahasiswa masih ditahan oleh Polda Metro Jaya.
Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menyayangkan penahanan tersebut. Mereka menyesalkan aksi penahanan dan penetapan tersangka kepada para mahasiswa itu.
"Sekali lagi kita dihadapkan pada wujud nyata penindasan. Perjuangan ribuan mahasiswa yang tergabung dalam barisan aksi 3 Tahun Jokowi-JK Aliansi BEM Seluruh Indonesia berujung pada pembungkaman. Tak kurang dari itu, beberapa diantaranya mendapat perlakuan represif dengan dituduh telah melakukan tindak pidana," tulis BEM SI di akun instagram bem_si, Senin (23/10).
Menurut mereka, 2 orang yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Wildan Wahyu Nugroho selaku Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia, dan Panji Laksono, Presiden Mahasiswa IPB sekaligus Koordinator Isu Agraria BEM Seluruh Indonesia.
"Kepada seluruh mahasiswa Indonesia, mereka telah berjuang kawan, disayat panas matahari, dihujam pentungan polisi, lebam wajahnya, dihantam sepatu tepat dikeningnya, dan sebegitu jahatnya dikau jikalau mengeroyok saudaramu sendiri atas perjuangan yang telah ia ikhtiarkan," tegas BEM SI.
Menurut mereka, apabila massa demo 3 Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK tersebut melakukan sesuatu yang menimbulkan kericuhan, seharusnya tak dibalas polisi dengan kekerasan. Aksi dengan menahan 14 orang mahasiswa tersebut menurut mereka kurang tepat.
"Kalaupun ada yang merasa kurang tepat caranya, kritisi substansi pemikiran yang kemudian menjadi alasan pergerakannya, bukan dengan menghakimi orangnya. Sekali lagi, mereka telah berjuang," tegasnya.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, saat dikonfirmasi kumparan (kumparan.com), membenarkan penahanan tersebut. Namun Argo menyebut inisial 2 orang yang ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini ditahan berinisial IM dan MYS.
"2 Orang ditahan, dari IPB dan dari STEI SEBI," ucap Argo. Sementara 12 mahasiswa yang sempat diamankan, pada Minggu (22/10) sudah dipulangkan. Meski begitu, kata Argo, ke-12 mahasiswa ini juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.
"14 jadi tersangka, namun tidak ditahan. Kemarin sudah dipulangkan," jelasnya. (kump/kcm)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...