19 October 2019

BBMKG: Hampir Seluruh Wilayah Sumut Terpapar Kabut Asap

Konfrontasi - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) melansir, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Sumatera meluas ke kabupaten dan kota di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Hampir seluruh kabupaten dan kota di daerah ini terpapar kabut asap namun masih terkendali," ujar Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, Minggu (22/9/2019).

Edison mengatakan, kabut asap yang menyelimuti daerah ini juga belum mengganggu jadwal penerbangan melalui Bandara Kualanamu Internasional Airport.

"Penerbangan belum terganggu. Jarak pandang di Bandara Kualanamu 1.600 meter, Gunung Sitoli 5.000 meter, Sibolga 2.100 meter dan Aek Godang 500 meter," jelasnya.

Ketika disinggung masalah hotspot, Edison menyampaikan, berdasarkan pantauan BBMKG melalui Satelit Terra dan Aqua, ada tiga titik panas di Labuhanbatu.

"Di Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu ada 2 titik dan di Kecamatan Kualuh Hilir, Kabupaten Labuhanbatu Utara, ada satu titik panas," katanya.

Adapun daerah yang terpapar kabut asap di Sumut meliputi, Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Labuhanbatu, Tanjung Balai, Asahan dan Batubara.

Kemudian, Kabupaten Langkat, Labuhanbatu Utara, Labuhan Batu Selatan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara.

Kabut asap juga menyelimuti Kota Padangsidimpuan, Tapanuli Tengah dan Sibolga, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara maupun daerah lainnya. (br1/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...