19 June 2019

Bawaslu Pendeglang Bersihkan Jalan dari APK

Konfrontasi - Memasuki masa tenang Pemilu 2019, Minggu - Selasa (14 - 16/4) atau sehari sebelum pencoblosan pada 17 April 2019 nanti. Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) jenis poster, baliho, spanduk dan yang lainnya ditertibkan.

Terlihat di sepanjang jalur arteri di Kabupaten Pandeglang yaitu di Wates, Cadasari (perbatasan Pandeglang - Serang) sampai simpang Cipacung, ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pandeglang, Minggu (14/4/2019).

Dalam penertiban dan pembersihan APK itu, Bawaslu dibantu Satpol PP, Dishub dan pihak terkait lainnya. Satu per satu, APK yang terpasang di pohon, bilboard dan tempat - tempat lainnya, tak pandang bulu “disikat” semuanya.

Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi mengaku, sebelum melakukan pembersihan APK, sejak 2 hari lalu pihaknya sudah melayangkan surat himbauan kepada seluruh Partai Politik (Parpol), tim sukses, relawan dan sejumlah pihak terkait lainnya untuk membersihkan sendiri APK tersebut. 

"Hingga memasuki masa tenang, masih ada yang terpasang (APK). Maka kami tertibkan bersama tim gabungan,” kata Ade, Minggu (14/4/2019).

Selain APK Parpol, Capres - Cawapres, APK Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, juga Calon DPD RI, menjadi sasaran penertibannya.  

“Selama masa tenang, tidak boleh ada satu-pun APK terpasang. Demi kondusifitas dan pelaksanaan Pemilu yang berintegritas,” tambahnya.

Untuk penertiban diseluruh Kecamatan seKabupaten Pandeglang tambahnya, ia menurunkan petugas Panwascam dibantu aparatur setempat. 

 “Penertiban ini, dibuatkan berita acaranya. Termasuk yang dilakukan oleh Panwascam. Karena, semua APK akan dikumpulkan di Sekretariat Bawaslu,” ujarnya lagi.

Menurutnya, selain penertiban hari ini (Minggu,red). Esok dan lusa (Senin - Selasa), pihaknya juga akan patroli rutin melihat situasi, termasuk memastikan semua APK dibersihkan. 

“Kami juga sudah berkoodinasi dengan Satpol PP dan Kepolisian,” tandasnya.

Kasat Pol PP Pandeglang, Dadan Saladin mengaku, siap membantu Bawaslu dalam penertiban APK diseluruh titik yang ada seKabupaten Pandeglang. 

“Selain anggota yang ada di Markas Komando (Mako,red), kami juga sudah perintahkan anggota di masing - masing Kecamatan, untuk membantu Bawaslu dan Panwaslu,” imbuhnya. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...