23 October 2019

Bantu Korban Asap, Gubernur Anies Kirim Satgas Karhutla ke Sumatera dan Kalimantan

KONFRONTASI - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengirim sebanyak 65 relawan yang tergabungan dalam satgas penanggulangan bencana DKI Jakarta ke lokasi terdampak bencana kabut Asap untuk ikut membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Anies Baswedan yang melepas para relawan tersebut di Lapangan Monas Jakarta pagi tadi mengatakan, selama di penempatan, para relawan akan berada di bawah kendali BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

"Penugasan mereka ini gelombang pertama selama 10 hari. Tidak menutup kemungkinan akan mengirimkan gelombang-gelombang berikutnya," ujar Anies, Selasa (17/9).

Anies menjelaskan, durasi penugasan setiap tim adalah 10 hari. Dengan masa yang cukup lama ini, ia pun meminta kepada para relawan menjaga kondisi kesehatan.

"Tadi saya ngobrol dengan petugas Damkar, katanya mereka sudah pengalaman menghirup asap. Tapi saya bilang, di sini asapnya paling dua jam selesai, kalau di sana 24 jam," terang Anies.

Penerjunan relawan ini juga merupakan wujud kepedulian masyarakat Jakarta atas musibah kebakaran yang dialami warga Sumatra maupun di Kalimantan. Nantinya, tim relawan gelombang pertama ini akan dikirim ke Riau.

Namun karena tim relawan ini berada di dalam wewenang BNPB, tidak menutup kemungkinan tim ini akan dibagi sebagian ke Kalimantan Tengah.

"Kita lihat nanti perkembangannya ke depan seperti apa," imbuh Anies.

"Mudah mudahan asap bisa segera hilang, api bisa segera padam dan saudara-saudara kita di Sumatra dan Kalimantan bisa kembali menghirup udara segar seperti semula," tutup Anies.[ian/rml]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...