22 September 2019

Baling-baling Rusak, 4 Nelayan Terombang-ambing di Perairan Cianjur

Konfrontasi - Kapal nelayan Aqua Mas 05 mengalami kerusakan dan terombang-ambing di Perairan Cidaun, Minggu (11/11/2018). Kapal tersebut sedang dalam perjalanan dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Rumpong menuju Pelabuhan Prigi Trenggalek Jatim.

Kapal penangkap ikan tersebut bermuatan 4 orang Anak Buah Kapal (ABK). Koordinator Humas SAR Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan nahkoda kapal atas nama Irfan sudah berhasil melakukan komunikasi dengan Koodinator Pos SAR Sukabumi.

"Tanggal, 24 Oktober 2018 kapal berangkat dari PPN Rumpong dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Prigi Trenggalek Jatim tanggal 04 November 2018, info yang kami peroleh kapal trouble baling-baling dan terbawa arus," kata Joshua melalui aplikasi pesan singkat yang dilansir detikcom, Minggu (11/11/2018).

Informasi yang diberikan nahkoda kapal kepada Basarnas, kapal itu berada diposisi terakhir pada koordinat 7° 38.470' S - 106° 53.560' T. 

"Posisi itu berada di perairan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Informasi paling baru mereka berada di posisi terakhir Kapal tersebut yakni 9.28 nautical mile dari pantai Apra Sindangbarang Cianjur," ungkap dia.

Kapal tersebut memiliki ciri-ciri warna oranye dengan kombinasi kuning dan panjang 8 meter. Identitas nelayan antara lain, Irfan (Nahkoda), Ape (Abk), Akbar (Abk) dan Ake (Abk).

"Kansar Bandung memapelkan berita tersebut kepada, Kansar Jakarta, Pos SAR Sukabumi , Satpolair Santolo , Pos AL Cidaun , HNSI Cianjur dan HNSI Garut . Informasi yang kami peroleh dari anggota Pos AL Cidaun, Kapal yang tersedia ada Kapal Fiber dan Kapal Congkreng ukuran 1X4 Meter. Pos AL saat ini sedang mengupayakan dengan kapal Nelayan untuk penjemputan," ujar Joshua. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...