23 August 2019

APD Minta PLN Blitar Jelaskan Pemadaman Listrik Tak Jelas Selama 2 Hari

Konfrontasi - Warga di 30 desa pada lima Kecamatan, di Kabupaten Blitar, Jawa Timur gelap gulita selama dua hari ini. Tanpa sebab jelas seluruh aliran listrik di wilayah Kecamatan Srengat, Wonodadi, Ponggok, Sanankulon dan Udanawu, padam.

Tidak hanya menyebabkan usaha peternakan ayam milik warga setempat menjadi tidak karuan. Listrik yang diputus sepihak oleh PT PLN juga membuat sejumlah rumah tangga kesulitan mandi, cuci, dan kakus (MCK). Bahkan bagi Muslim yang hendak beribadah sulit mencari air untuk wudhu, sehingga terpaksa tayamum.

"Mulai kemarin siang hingga malam ini listrik tidak juga menyala. Banyak warga kesulitan untuk MCK. Bahkan untuk salat saja terpaksa tayamum," keluh Dewangga (25) warga Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi kepada wartawan Minggu (29/11/2015).

Hingga malam ini listrik masih padam. Padahal tidak ada hujan dan tidak angin kencang. PLN juga tidak melakukan pemberitahuan lazimnya pemadaman bergilir sebagaimana biasanya.

Menurut Dewangga, pemadaman juga mengganggu proses belajar siswa. Apalagi pekan depan para pelajar tingkat sekolah dasar sudah memasuki ujian tengah semester.

"Ini sudah merugikan dan pihak PLN harus menjelaskan hal ini," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Purnomo warga Desa Kolomayan, Kecamatan Wonodadi. Menurut dia, dampak pemadaman listrik diperparah oleh kondisi sumur pompa manual yang mengering.

"Sebab saat ini musim penghujan belum benar-benar menggantikan kemarau. Sementara mata air banyak yang mengering, "jelasnya.

Koordinator Asosiasi Pemerintah Desa (APD) Kabupaten Blitar, Nukhamim meminta PT PLN Blitar menjelaskan penyebab padamnya listrik selama dua hari ini. Menurutnya, kalaupun ada pemadaman harusnya berlaku 1x24 jam.

"Karena ini menyangkut pelayanan dan hak. Dengan padamnya listrik jelas banyak warga yang dirugikan," ujar Nurkhamim yang juga Kades Karanggayam Kecamatan Srengat.

Sementara itu pihak PT PLN Blitar hingga kini belum bisa dikonfirmasi. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...