26 April 2018

Anies-Sandi Tegaskan Konsisten Hentikan Reklamasi

Konfrontasi - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengirim pesan kepada pengembang pulau-pulau reklamsi Teluk Jakarta. Sandi menegaskan bahwa sampai saat ini dirinya bersama Anies Baswedan konsisten untuk menghentikan reklamasi.

Sandi mengaku tidak pernah bertemu pihak pengembang pulau reklamasi sedari masa kampanye hingga kini dirinya berkantor di Balaikota Jakarta.

“Kita sampaikan kepada pengembang bahwa di era kita, reklamasi dihentikan. Belum ada komunikasi mulai dari saya kampanye sampe sekarang, ke sayanya belum ada komunikasi sama sekali,” ujarnya di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

Diketahui Pemprov DKI sempat menyurati Badan Pertanahan Negara (BPN) untuk menarik pemberian hak guna bangunan (HGB) kepada pengembang. Namun permintaan tersebut ditolak.

Sikap penolakan terhadap reklamasi itu bisa saja digugat oleh pengembang yang sudah membayar untuk mengembangkan pulau tersebut. Sandi menegaskan Pemprov DKI siap dengan konsekuensi hukum apapun saat menolak proyek pulau buatan itu yang disebutnya cacat administrasi.

“Konsekuensi hukum itu adalah yang harus kita canangkan, dan mereka kan sudah melanggar hukum. Sudah ada kasus korupsi, sudah ada orangnya yang masuk penjara. Terus udh ada sekarang pemeriksaan yang berjalan. Ada cacat administrasi. Jadi saya lihat pengembang nggak boleh seenaknya, semena-mena. Masa pemerintah nggak hadir untuk kepentingan masyarakat. Pemerintah tuh nggak boleh kalah sama kepentingan sekelompok atau golongan,” tegas Sandi.

Lebih lanjut Sandi menambahkan akan menemui pengembang pulau reklamasi setelah koordinasi dengan pemerintah pusat melalui kementerian terkait. Sandi menyebut akan menyampaikan rencana Pemprov DKI terhadap reklamasi ke depan.

“Kita mau duduk, kita review, kita punya kajian yang mendalam, setelah itu kita duduk dengan semua pihak, kita sepakati, koordinasi dengan pemerintah pusat, bicara juga sama pengembang, ‘ini lho tatanan yang kita mau jalankan ke depan’. Ya mudah-mudahan dapat dukungan. Ya tentunya berjalan dan ini jadi prioritas kita,” tutup Sandi. (pskota/mg)

Category: 
loading...

Related Terms