21 February 2020

Alami Demam dari China, Penerjemah Asal Manado Langsung Dirawat Ruang Isolasi

Konfrontasi - Diduga terinfeksi virus korona, seorang penumpang Lion Air dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Prof Dr RD Kandou, Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Penumpang itu baru tiba dari China.

Penumpang perempuan berinisial G (25) itu bekerja sebagai penerjemah turis China. Dia pulang ke Indonesia menumpang pesawat Lion Air dari China tujuan Manado.

Penumpang tersebut mengalami demam, tidak enak badan, dan flu yang menyerupai gejala penderita yang terinfeksi virus korona. Perempuan ini sebelumnya mengunjungi negara Tirai Bambu itu selama enam hari.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulut yang mengabarkan kepada pihak RSUP Prof Dr Kandou Manado, tentang kondisi perempuan itu.

Mendapat informasi tersebut, RSUP Prof Dr RD Kandou Manado langsung melakukan persiapan untuk merawat pasien suspect korona. Petugas di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) langsung melakukan langkah medis dengan memeriksa suhu badan dan mewawancarai pasien.

Kabid Pelayanan Medis (Yanmed) RSUP Prof Dr RD Kandou Handry Takasinsirang mengatakan, dari wawancara diketahui, pasien seorang penerjemah bagi turis China. Dalam kunjungannya selama enam hari di China, dia mengunjungi beberapa kota yang lokasinya tidak jauh dari Kota Wuhan, tempat virus korona pertama kali ditemukan.

Pihak rumah sakit saat ini masih memeriksa intensif terhadap korban dengan mengambil sampel cairan tenggorokan, cairan paru-paru. Selanjutnya, sampel darah yang kemudian dikirim ke laboratorium di Jakarta.

“Kami sudah melakukan penanganan sesuai dengan SOP yang ada. Sudah difoto rontgen juga. Yang bersangkutan saat ini masih dalam pengawasan,” kata Handry Takasinsirang.

RSUP Prof Dr RD Kandou mengimbau agar warga tidak panik saat mendengar ada pasien dalam pengawasan atau suspect virus korona. Warga juga diharapkan lebih memahami gejala-gejala jika seseorang terjangkit virus tersebut. (inws/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...