14 November 2019

Ada Tol Cipali Tak Kurangi Kepadatan Arus Pemudik di Jalur Selatan

KONFRONTASI-Meski tol baru Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat telah beroperasi selama jalur mudik lebaran tahun ini, Jalur Selatan Tasikmalaya via Gentong masih diprediksi akan tetap dipadati kendaraan pemudik.

Diprediksi mulai H-3 nanti, jalur ini akan mengalami peningkatan kendaraan yang menuju Ciamis, Banjar dan wilayah Jawa Tengah. “Meski sudah ada Tol Cipali, jalur Selatan Tasikmalaya via Gentong masih akan dipadati kendaraan pemudik. Diprediksi akan terjadi lonjakan peningkatan kendaraan pada H-3 Lebaran nanti,” kata Kepala Polres Tasikmalaya Kota AKBP Asep Saepudin, Sabtu (11/7/2015).

Lonjakan kendaraan pemudik nantinya diprediksi akan didominasi oleh motor. Namun tak dipungkiri kendaraan roda empat pun akan beralih ke jalur mudik bukan tol, terlebih sejak malam tadi ada informasi jalur Tol Cipali sudah mengalami kepadatan oleh para pemudik.

“Bisa saja nanti kalau di Cipali padat, akan beralih ke jalur lama Selatan Tasikmalaya via Gentong dan jalur Pantura lama. Jadi kita sekarang ini selalu siap apabila terdapat lonjakan pemudik ke jalur Gentong seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Asep.

Hal sama diutarakan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya AKP Asep. Menurut dia, selain para pemudik bisa melalui jalur Selatan Tasikmalaya via Gentong. Jalur alternatif Bandung-Tasikmalaya via Singaparna pun bisa dilalui para pemudik jika terjadi kepadatan di Tol Cipali nantinya.

Sampai sekarang, jalur alternatif melalui Garut Kota- Salawu-Singaparna-Tasikmalaya Kota-Ciamis sampai ke arah Jawa Tengah ini masih belum terlihat lonjakan kendaraan pemudik.

“Kalau pemudik memakai jalur Selatan Tasikmalaya via Singaparna ini, perlu diwaspadai beberapa area rawan kemacetan akibat pasar tumpah dan area rawan kecelakaan. Kondisi jalan alternatif ini memiliki banyak tikungan dan luas jalan relatif sempit,” kata Asep.(KCM)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...