23 November 2017

Ada Kasus Lain dalam Skandal Korupsi BLBI, Kapan Megawati Diperiksa KPK?

KONFRONTASI - Penyelidikan dugaan korupsi dalam Bantuan Likuiditas Bank Indonesia tak terfokus ke Surat Keterangan Lunas (SKL). Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto mengatakan ada kasus lain dalam kasus BLBI yang ditelisik.

"Saya masih belum bisa kasih penjelasancase (kasus) yang mana, tapi itu ada casetertentu tidak semua kasusnya," kata Bambang di Gedung KPK, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (28/8/2014)

Menurut Bambang, KPK saat ini belum melakukan ekspose terhadap kasus itu. Saat ini, kata dia, KPK masih melakukan pendalaman. 

Pendalaman buat mengkaji dan mengumpulkan alat bukti guna pengembangan kasus. Namun, Bambang sekali lagi enggan menerangkan, dalam kasus mana fokus penyelidikan dilakukan.

Diketahui sebelumnya, KPK sudah memanggil sejumlah terperiksa dalam penyelidikan terkait penerbitan SKL BLBI. Tercatat, Kwik Kian Gie, Rizal Ramli, Laksamana Sukardi, dan sejumlah menteri di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri lainnya.

SKL itu dikeluarkan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2002. Saat itu, Presiden yang menjabat adalah Megawati Soekarnoputri.

SKL tersebut berisi pemberian jaminan kepastian hukum kepada debitor yang telah menyelesaikan kewajibannya atau tindakan hukum kepada debitor yang tidak menyelesaikan kewajibannya berdasarkan penyelesaian kewajiban pemegang saham, dikenal dengan inpres tentang release and discharge.[ian/bs]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...