21 September 2019

70 Tahun Merdeka, Hanya 20 Persen Masyarakat yang Hidup Layak, kata Menko Rizal Ramli

KONFRONTASI- Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan bahwa nikmat kemerdekaan selama ini belum dirasakan semua masyakarat Indonesia. Menurutnya, diusia RI yang ke-70 tahun, hanya 20 persen masyarakat Indonesia yang betul-betul mampu merasakan kesejahteraan.

"Saya kira gini deh, ini 70 tahun merdeka, rakyat kita yang betul-betul sudah merdeka, maksudnya menikmati kesejahteraan, bisa hidup lumayan, masih 20 persen. Tugas negara, bagaimana yang 80 persen ini bisa menikmati, apa manfaat dari pada kemerdekaan itu," ujar Rizal usai memimpin upacara HUT RI ke-70 di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin (17/8/2015).

Untuk itu dia sadar betul, dorongan ekonomi yang kuat terhadap sektor riil sangat dibutuhkan saat ini. Pasalnya, perkembangan sektor riil akan menumbuhkan banyak lapangan kerja sekaligus mengurangi angka pengangguran.

Saat ini tutur Rizal, Kementerian Koordinator Kemaritiman memiliki peran penting membawa 80 persen masyarakat yang belum merasakan kesejahteraan ibisa bener-benar menikmati arti kemerdekaan yang sesungguhnya.

Ada empat sektor yang menjadi ujung tombak Kementerian Koordinator Kemaritiman untuk mampu mewujudkan hal itu yaitu sektor kelautan dan perikanan, sektor perhubungan, sektor energi dan sumberdaya mineral (ESDM), serta sektor pariwisata.

"Caranya apa (agar 80 persen itu masyarakat menikmati kemerdekaan), yaitu rill sektor, karena sektor rill itu yang mampui menciptakan lapangan kerja. Karena sektor rill itu berada di bawah koordinasi kami. Kita memanfatakan sebanyak mungkin untuk menciptakan lapangan kerja," kata pria yang lahir di Padang, 10 Desember 1954 silam itu.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...