10 December 2019

60 Persen Narkoba Masuk Lewat Jalur Laut

KONFRONTASI-Kepala Subdit Lingkungan Kerja Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Pol Ricky Yanuarfi mengatakan, Indonesia saat ini sedang darurat masalah narkoba.

Bahkan, jumlah barang haram masuk ke Tanah Air cukup besar baik melalui jalur laut, udara, dan darat.

"Hampir 60 persen jalur narkoba itu jalur laut," kata Ricky Yanuarfi dalam diskusi di acara Gathering Jurnalis Trunojoyo bertemakan 'Kupas Tuntas Kejahatan Dunia Maya dan Narkoba' di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Maret 2017.

Karena itu, dari jajaran Polri-TNI terus melakukan pengawasan di garis pantai terhadap jaringan narkoba yang akan menebarkan barang haram di Indonesia. "Kita punya speedboat lebih cepat, telekomunikasi lebih canggih," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, pemasok narkotika ke Indonesia dari negara China. Berbagai modus penyelundupan narkotika ke Indonesia, salah satunya modusnya memasukkan narkoba ke mesin genset seperti yang terjadi di Jawa Tengah.

Bahkan, dari catatan BNN selama 2017 sudah ada puluhan kilogram barang haram yang berhasil diungkap dan diamankan. "(Wilayah) Kosambi 40 kilogram, Medan 14 kilogram, itu baru tiga bulan," ujarnya.[mr/viva]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...