31 March 2020

3 Pasien Virus Corona di Indonesia Dinyatakan Sembuh

Konfrontasi - Setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, tiga pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh. Hal ini diungkapkan oleh Juri Bicara Penanganan COVID Achmad Yurianto saat melakukan pengecekan di RSUP bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Tadi setelah kita lakukan pengecekan kita diskusikan oleh tim dokter yang memeriksa kemudian juga di sampaikan oleh menteri maka ada 3 pasien yang secara klinis sudah membaik tidak ada keluhan sama sekali,"ungkap Achmad Yurianto di RSUP Persahabatan, Kamis 12 Maret 2020.

Ketiga pasien tersebut, lanjut Yuri, juga telah melakukan pemeriksaan laboratorium sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa ketiga pasien itu sembuh dan tidak membutuhkan perawatan lagi.

"Tetapi,  kita tetap memberikan edukasi kepada ketiga pasien ini, bahwa setelah nanti kembali ke keluarganya tetap harus melakukan pembatasan diri dulu sementara. Untuk aktivitasnya tetap kita minta untuk melaksanakan kegiatan fisik yang seimbang asupan gizi yang baik dan kemudian meningkatkan daya tahan tubuhnya," ungkap Yuri.

Ia percaya bahwa pasien itu bisa diedukasi dan akan menjalankan hidup bersih sehat. Hal itulah yang menjadi dasar memberikan izin ketiga pasien untuk pulang ke rumah.

"Ini tetap ada administrasi yang kita lakukan, bahwa dia akan dibekali surat rujuk balik yang ditujukan kepada Puskesmas di mana dia bertempat tinggal sebagai bagian dari sistem monitoring apabila nanti dibutuhkan oleh pasien ini dan apabila kemudian ada kepentingan Puskesmas," ujar Yuri.

Adapun identitas pasien yang sudah sembuh itu antara lain ialah pasien 06, usia 39 tahun, laki-laki , pasien 14, usia 50 tahun, laki-laki, dan pasien 19, usia 49 tahun, laki-laki. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...