23 May 2019

2 Pejabat Tersangka Suap, Menag Janji Kooperatif dengan KPK

Konfrontasi - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berjanji pihaknya akan kooperatif dengan KPK dalam penanganan kasus dugaan suap jual beli jabatan. 

KPK dalam kasus ini menetapkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin sebagai tersangka.

"Kemenag akan kooperatif dengan penanganan hukum oleh KPK agar kasus ini bisa diselesaikan secara tuntas dan cepat. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Kemenag untuk bekerja sama dengan aparat penegak hukum baik dalam pencegahan maupun penindakan korupsi," ujar Menag Lukman Hakim dalam jumpa pers di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (16/3/2019). 

 

Kemenag sambung Lukman Hakim menjadikan peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) sebagai pelajaran dan peringatan keras bagi seluruh ASN. Tujuann untuk memperbaiki sistem organisasi dan manajemen kepegawaian.

"Kemenag berkomitmen membangun kolaborasi dengan KPK sebagai langkah preventif agar kejadian yang sama tidak terulang kembali di masa mendatang," ujar Lukman.

"Selaku Menag saya memerintahkan kepada seluruh ASN untuk pertama bekerja sama dengan aparat KPK untuk mengungkap dan menuntaskan kasus ini. Kedua, melakukan evaluasi," imbuh Lukman.

KPK menetapkan tiga orang tersangka terkait dugaan suap jual beli jabatan lewat OTT pada Jumat (15/3) di Surabaya.

Romahurmuziy alias Rommy yang baru diberhentikan dari posisi Ketum PPP menjadi tersangka karena diduga meloloskan pendaftar seleksi jabatan pimpinan tinggi di Kemenag yakni Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin. 

KPK menyebut Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) ke Rommy terkait posisi kepala kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Sedangkan Haris diduga menyetor duit Rp 250 juta kepada Rommy diduga terkait posisi Kakanwil Kemenag Jatim pada 6 Februari 2019.

"Dalam perkara ini, diduga RMY (Romahurmuziy) bersama-sama dengan pihak Kementerian Agama RI menerima suap untuk mempengaruhi hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi di Kemenag, yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Sabtu (16/3). (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...