16 November 2019

2 Mahasiswa Pengibar Bendera Bintang Kejora Terancam Pasal Makar

Konfrontasi - Tim Gabungan Dit Reskrimum Polda Metro Jaya akhirnya membekuk dua mahasiswa Papua yang mengibarkan bendera bintang kejora di depan istana beberapa hari lalu.

Kedua mahasiswa bernama Charles Kosay alias CK dan Anes Dano Tabuni alias AT itu diamankan di Bogor pada Jumat 30 Agustus 2019.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono mengatakan kedua mahasiswa merupakan korlap aksi. Mereka diduga telah melakukan tindak pidana yang meresahkan keamanan negara.

“Keduanya diduga telah melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara,” kata Argo saat dikonfimasi, Sabtu (31/8/2019).

Tak hanya itu kata Argo, kedua mahasiswa tersebut juga terancam pasal makar. Karena sengaja mengibarkan bendera yang bukan merah putih.

“Jadi mereka melakukan pemufakatan akan melakukan kejahatan terhadap keamanan negara dan makar,” beber Argo.

Dari kejadian ini, polisi mengaman beberapa bukti berupa 1 spanduk, 1 kaos dengan gambar bintang kejora, 1 selendang yang bergambar bintang kejora, dan 1 buah toa.

Sebelumnya, bendera bintang kejora berkibar di depan Istana Merdeka dalam aksi unjuk rasa para pemuda Papua menuntut referendum, pada Rabu (28/8).

Pengibaran bendera tersebut seiring tuntutan sekelompok mahasiswa Papua agar pemerintah mengusut tuntas dugaan rasisme yang terjadi pada mahasiswa lainnya di kota lain. (pjk1/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...