26 May 2019

Shalat Ied, Masjid Sunda Kelapa Datangkan Imam dari Yaman

KONFRONTASI-Masjid Agung Sunda Kelapa akan mendatangkan Syekh Essam Al-Mizjaji dari Yaman untuk berlaku sebagai imam shalat Ied pada hari raya idul fitri yang jatuh pada Jumat esok (17/7).

"Kami sengaja datangkan imam dari Timur Tengah sebagai bentuk inovasi, bagian pelayanan kami pada jamaah. Supaya ada perasaan shalat di Mekkah atau Madinnah," ujar Sekretaris Eksekutif Masjid Agung Sunda Kelapa Izzudin Syamma di Jakarta, Kamis.

Saat ditemui di masjid yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, itu, ia menjelaskan bahwa dengan adanya imam shalat dari Yaman diharapkan mampu memberikan suasana yang serupa dengan melaksanakan shalat di Timur Tengah.

"Sedangkan untuk Khatibnya akan diisi oleh Pak Nazarudin Umar, beliau mantan Wakil Menteri Agama. Untuk rangkaian acaranya, akan dimulai pada pukul 06.00 (WIB) hingga selesai," ujar Izzudin memaparkan.

Selain menghadirkan imam shalat Idul Fitri, Masjid Agung Sunda Kelapa juga mendatangkan imam asing lainnya untuk memimpin shalat tarawih, yaitu Syekh Abdulaziz Al-Ariqi yang juga berasal dari Yaman.

"Alhamdulillah jamaah suka dengan adanya imam dari luar. Walaupun belum bisa ke sana, tapu mereka merasa seperti shalat di Mekkah atau Madinnah," tuturnya menambahkan.

Untuk pelaksanaan shalat ied sendiri, pihak Masjid Agung Sunda Kelapa telah melakukan sejumlah persiapan fisik untuk melaksanakan kegiatan ibadah tersebut.

Ia menjelaskan, persiapan tersebut antara lain pembersihan lokasi ibadah, baik di area lapangan sekitar dan dalam masjid, pengecekan "sound system", kelengkapan alat shalat, hingga keamanan area masjid.

"Untuk jamaah laki-laki shalatnya di lapangan yang berada di sisi selatan masjid, sedangkan jamaah wanita di dalam dan di lantai dua masjid," tuturnya menjelaskan.

Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan bangunan ibadah bagi umat muslim yang dibangun pada tahun 1968 dan diresmikan pada 31 Maret 1971 oleh Gubernur DKI Jakarta yang menjabat pada saat itu yaitu Ali Sadikin.[mr/rol]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...