25 May 2017

Paus Francis Bela Citra Damai Islam

Konfrontasi – Pemimpin kaum Katolik Paus Francis membela citra Islam ditengah kecaman dunia. Paus menyatakan Islam bukan agama kekerasan.

Paus Francis berharap para tokoh muslim dunia bergabung untuk membangun citra Islam yang lebih baik dan menghapus tuduhan terorisme yang dilontarkan negara seperti Israel dan Amerika Serikat. Dukungan Paus diberikan saat berkunjung ke Turki.

Pemimpin 1,2 milyar umat Katolik ini memiliki sikap lebih toleran daripada Benedict XVI yang menuduh secara halus bahwa kaum muslim selalu terlibat dalam kekerasan. Paus Francis bahkan bersatu dengan pemerintahan moderat Islam untuk perdamaian dan perlindungan kaum Kristiani di Timur Tengah.

"Anda tidak dapat mengatakan hal tersebut, sama sebagaimana kita tidak bisa mengatakan bahwa semua orang Kristen adalah fundamentalis. Agama kita juga dianut oleh orang-orang fundamentalis. Semua agama mempunyai pengikut garis keras. Mereka mengatakan 'bukan, kami tidak seperti itu, Al-Qur'an adalah kitab suci perdamaian, ini adalah kitab kenabian tentang perdamaian.'" tuturnya.

Paus berdialog dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk membahas kerja sama bidang politik, agama, pendidikan dan perdamaian. Dia berharap para pemimpin dunia segera bertindak untuk meningkatkan kesejahteraan dan menghapus kaum miskin dunia. Paus menilai faktor kemiskinan sangat mendukung bagi munculnya beragam kekerasan karena kecemburuan sosial yang ditutupi dengan nilai perjuangan agama. 

Category: 

loading...


News Feed

Loading...