21 May 2018

Nabi Muhammad SAW dalam Pandangan Tokoh Barat

Siapakah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Berikut komentar Non Muslim Terhadap Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Pemikir Prancis, Lamarten, berkata, “Muhammad adalah seorang nabi, seorang filusuf, seorang orator, pembawa syariat, dan seorang yang mampu menaklukkan hawa nafsu. Dan jika kita perhatikan kepada kapasitas kehebatan manusia, saya ingin bertanya, “Adakah di sana ada seorang yang lebih hebat dari Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam?”George Bernard (sastrawan Inggris) berkata, “Sesungguhnya dunia ini butuh sekali kepada pemikiran yang dimiliki Muhammad.

Nabi ini, kalau sekiranya memegang urusan dunia saat ini, tentu mampu menyelesaikan berbagai masalah yang kita hadapi dengan hasil yang membawa kepada kedamaian dan kebahagiaan yang dibutuhkan sekali oleh manusia.

”Michael Hart berkata, “Sesungguhnya pilihanku terhadap Muhammad sebagai orang paling penting dan paling bersejarah di dunia mungkin membuat heran para pembaca. Akan tetapi kenyataanya, Beliau-lah satu-satunya orang di sepanjang sejarah yang mencapai tingkat keberhasilan paling tinggi dalam masalah agama maupun dunia.”Mahatma Gandhi (tokoh dari India) berkata, “Setelah saya membaca juz kedua kehidupan rasul ini, yakni Muhammad, saya merasa perlu mengenal lebih lanjut kehidupan Beliau yang agung.

Sesungguhnya orang ini -tanpa ada pertentangan lagi- mampu menguasai hati jutaan manusia.”Thomas Carlyre (penulis asli Inggris) berkata, “Sesungguhnya aku betul-betul mencintai Muhammad karena bersihnya diri Beliau dari riya’ dan sikap pura-pura.

Sesungguhnya Beliau berkata dengan jelas kepada kaisar Romawi dan para pemimpin lainnya di luar bangsa Arab; mengarahkan mereka kepada hal yang wajib mereka lakukan untuk kehidupan dunia ini dan kehidupan akhirat.”George Wells (sastrawan Inggris), menurutnya, bahwa Muhammad adalah orang paling berhasil membangun bangsa di atas keadilan dan toleransi.

Ligtner (Penelitis asal Inggris) berkata, “Sesungguhnya saya terus terang berharap sekali saat ini dengan kedatangan seseorang, dimana orang-orang Nasrani sama seperti menghormati Al Masih dengan penghormatan yang sebesar, seperti halnya penghormatan mereka kepada Muhammad. Dan tidak diragukan lagi, bahwa ajaran Nasrani mengaku kerasulan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kebenaran yang dibawanya. Dan orang yang mengakuinya itulah orang nasrani sejati.”

Tolstoy (sastrawan Rusia) berkara, “Sesungguhnya syariat Muhammad itulah yang akan menguasai dunia karena sejalan dengan akal dan hikmah.”Jean Louis Michon (seorang orientalis) berkata, “Sesungguhnya Islam yang memerintahkan pula berjihad dianggap maklum dalam agama-agama yang lain, dan lagi karena kemuliaan ajaran-ajaran Muhammad. Bahkan Umar bin Khaththab saja, ketika menguasai Al Quds; tidak mengganggu orang-orang Nasrani.”

Gustav Lobon (Ahli Sejarah Prancis) berkata, “Sesungguhnya Muhammad adalah orang terhebat dalam sejarah.”Will Durant (Penyusun Ensiklopedi Kisah Peradaban Dunia), “Jika kita perhatikan tokoh yang paling berpengaruh bagi manusia, dapat kita katakan, bahwa Muhammad adalah tokoh terbesar dalam sejarah.”

Benarlah firman Allah yang berbunyi,

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya Engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti tinggi.” (QS. Al Qalam: 4)

Penerjemah: Marwan bin Musa

 

Category: 
Loading...